Produk Skincare Ini Rawan Bikin Bruntusan

Punya bruntusan kecil-kecil yang nggak ada “mata”nya tapi menyebar di kulit? Mungkin bruntusan kamu itu bukan karena bakteri jerawat, tetapi karena jamur!

Nggak perlu panik, jamur penyebab bruntusan kecil ini (istilah medis: pityrosporum folliculitis) dipicu oleh berkembang biaknya suatu jamur yang sebenarnya memang ada di dalam tubuh kita. Seperti yang dijelaskan Youtuber Liah Yoo dalam videonya, jamur ini bernama “malassezia”, dan sumber makanan favoritnya adalah sebum!

Yes, produksi minyak berlebihan adalah salah satu faktor terbesar tumbuhnya malassezia, karena itu kita sering kan lihat jidat-jidat anak ABG terlihat bruntusan? This fungi might be the cause!  

“Lho, tapi gue udah nggak ABG lagi, rajin bersihin muka, tapi masih juga ada bruntusan tipe begini.” Nah, penyebab bruntusan ini nggak hanya sebum yang terperangkap di pori-pori, tetapi juga karena produk skincare dengan specific ingredients yang memicu timbulnya aktivitas malassezia. Salah satu contohnya adalah skincare yang mengandung galactomyces atau air hasil fermentasi ragi, yang memang fungsi utamanya adalah melembapkan kulit. Namun, di sebagian jenis kulit yang reaktif, air fermentasi ragi ini justri bisa memicu bruntusan kecil-kecil.

Beberapa contoh produk yang mengandung air fermentasi ragi adalah SK-II Pitera, COSRX Galactomyces 95 Whitening Power Essence, dan Manyo Factory Galactomyces Niacin Special Treatment Essence. Perlu diingat bahwa reaksi masing-masing kulit terhadap bahan ini berbeda, jadi bukan berarti harus dipukul rata bahwa semua kulit akan bruntusan memakai produk skincare dengan bahan fermentasi ragi.

039943HBSumber

Apa yang harus dilakukan ketika skin condition seperti ini muncul? Salah satu acne treatment yang bisa digunakan adalah salicylic acid atau BHA, yang punya fungsi anti-minyak dan anti-fungal. Cara lain yang biasanya saya lakukan ketika mulai bruntusan adalah memakai clay mask yang cukup “kuat”. Kuat dalam artian bisa menyerap minyak,

Kamu juga bisa melakukan:

Double cleansing dengan produk yang tepat: 1 oil cleanser + 1 water-based cleanser.

– Langsung membersihkan wajah saat habis berkeringat. Micellar water to the rescue and double cleanse properly when you get home.

– Setelah seharian memakai foundation, saat membersihkan wajah fokuskan di area-area paling berminyak supaya kotoran dan sisa makeup terangkat.

– Hindari menggunakan produk yang terlalu lengket atau oklusif di area kulit yang berminyak.

Ada yang pernah mengalami masalah serupa?