Tren BB Powder Menggantikan BB Cream?

Sekarang banyak banget brand makeup yang merilis BB Powder. Sebenarnya apa sih BB Powder ini, dan akankah BB Powder akan menggeser kepopuleran BB Cream?

Selama ini orang tahunya BB Cream adalah produk makup sukses dari Korea. Pada kenyataannya BB Cream itu pertamakali dibuat oleh dermatolog Jerman, sebagai produk yang bisa menjaga kesehatan kulit tapi memberikan sedikit coverage untuk menutupi kulit yang kemerahan setelah laser treatment. Jadi BB Cream atau panjanganya Blemish Balm Cream, adalah produk base makeup yang memiliki kandungan skincare. Biasanya skincare benefit di dalam BB Cream merupakan perlindungan SPF yang tinggi, anti-aging, dan pelembap. Karena ini adalah gabungan 50% skincare dan 50% makeup, BB Cream normalnya memberikan coverage yang tipis dan hasil akhirnya dewy untuk tampilan kulit sehat. Tapi sekarang kalau saya lihat BB Cream mulai berevolusi, dan banyak banget brand makeup yang merilis BB Cream dengan hasil akhir matte dan  full coverage, yang jatuhnya seperti foundation.

BB Powder Menggantikan BB Cream?-4
Nggak hanya ada perubahan dari segi coverage dan hasil akhir, sekarang mulai beredar produk BB tapi dalam bentuk bedak. Either bedak tabur seperti Ponds’s Magics BB Powder, atau yang bentuknya compact seperti SilkyGirl Magic BB White Chiffon. Terus ini yang bikin saya kepikiran, is it still the same thing? A makeup product mixed with skincare, atau hanya sekedar nama BB saja dipakai supaya orang lebih tertarik membeli?

So far, saya sudah pernah mencoba dua BB Powder dari dua brand yang berbeda yaitu Silkygirl dan Pond’s. Kalau dari Silkygirl sih, memang bedak ini mengandung kandungan skincare seperti Tanaka powder yang berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, dan mixed berries yang berfungsi sebagai anti oksidan pada kulit. Sayangnya untuk Pond’s saya nggak tahu ingredients di dalamnya, karena produk ini berasal dari Thailand yang tulisannya nggak bisa saya baca juga.

BB Powder Menggantikan BB Cream?

Brand lokal Indonesia, Wardah, juga baru aja rilis BB Powder tersendiri yaitu Wardah Lightening BB Cake Powder. Kalau saya lihat, kandungan skincare di dalam BB powder ini adalah lictorine/ akar manis, yang fungsinya untuk mencerahkan kulit, Vitamin E yang bekerja sebagai anti oksidan, dan SPF 15 untuk menjaga kulit dari paparan sinar UVA dan UVB. Nggak puas dari tiga produk ini, saya pun mulai mencari-cari ingredients dan klaim dari brand lain yang mengeluarkan produk serupa. Dari tiga brand yang saya kulik, yaitu L’oreal, GOSH Makeup dan Etude House ketiganya menjanjikan benefit yang sama yaitu kulit yang lebih cerah, smooth atau poreless, lembap dan juga terlindungi dari sinar matahari.

Jadi apakah produk BB Powder dan BB Cream memiliki konsep yang sama?

Yang bisa saya tarik kesimpulan mengenai fenomena BB Powder ini adalah it’s just a gimmick. Basically, ini hanyalah compact powder biasa saja yang memang punya ingredients skincare yang lebih banyak. Tapi kalau dilihat dari performa, rasa dan hasil akhir ya, ini sama aja seperti saya pakai two way cake. At least, ini perasaan saya ketika mencoba Pond’s Magic Powder BB dan Silkygirl Magic BB White Chiffon. Dan menurut saya pribadi, it’s a different purpose dari produk BB Cream yang pertamakali dibuat.

Nah, kalau menurut kamu sendiri gimana soal produk-produk BB Powder ini?