FD Poll: Budget Lebih untuk Double Cleansing?

Untuk produk-produk pembersih, banyak orang yang mengeluarkan budget minim dan memilih splurge untuk serum atau masker. It’s a cleanser after all, so the job is just to cleanse.

Tapi, nggak jarang juga ada yang rela mengeluarkan budget lebih untuk produk-produk cleanser dan percaya bahwa skincare routine yang baik dimulai dari proses pembersihan yang baik. Biasanya, first cleanser atau oil cleanser yang dipilih haruslah memiliki kandungan essential oil yang bisa meluruhkan makeup sekaligus melembapkan dan menghaluskan kulit. Setelah itu, proses pembersihan dilanjutkan dengan menggunakan water-based cleanser yang pH-nya rendah dan nggak bikin kulit terasa seperti ditarik setelahnya.

Kenapa pemilihan produk untuk double cleansing harus benar-benar tepat, meskipun fungsinya “hanya” membersihkan kulit? Sampai sekarang, masih banyak orang yang menggunakan hydrating toner atau essence sebagai step ekstra untuk membersihkan kulit atau “mengangkat makeup yang masih tersisa”.

Padahal, kalau memang produk yang digunakan untuk double cleansing benar-benar efektif, harusnya pada step essence dan toner sudah nggak ada lagi kotoran yang tersisa. Antara itu, atau memang metode membersihkan kita yang kurang bersih!

Screen Shot 2017-09-11 at 5.35.55 PM

tahapan-skincare-pemula-1

Produk-produk pembersih mahal favorit FD members antara lain Sunday Riley Ceramic Slip Cleanser, SK-II Facial Treatment Gentle Cleanser, Clinique Take The Day Off Cleansing Balm, atau Antipodes Certified Organic Grapeseed Butter Cleanser.

Kamu sendiri gimana?

Produk pembersih apa yang bikin kamu rela mengeluarkan budget lebih?