Makeup Preloved, Bahaya Nggak Sih?

Mau beli makeup preloved? Ini bisa jadi pertimbangan kamu sebelum membelinya.

Beli makeup bekas bisa jadi salah satu jalan untuk mendapatkan produk makeup dengan harga lebih murah. Lipstick high-end yang bikin ngiler, foundation yang bikin penasaran tapi takut nggak cocok, mungkin salah dua dari sekian banyak alasan kita untuk membeli makeup preloved. Cara ini saya yakin juga sudah tidak asing lagi di tengah kita. Despite its popularity, pasti pernah terbesit di kalian, sebenarnya bahaya nggak sih menggunakan makeup prelovedShould I do it?

makeup preloved body

Menurut saya, bagaimana seseorang mendapatkan suatu barang yang sudah diimpikan sangat bergantung pada preferensi dan sikon finansialnya. Tidak ada yang benar ataupun salah selama masih dengan cara yang halal (LOL). So, should I do it or notYou better ask yourself. Apakah berbahaya atau tidak? Menurut saya sih tidak, not that you die immediately setelah menggunakan makeup preloved. Tapi, saat kamu menggunakan produk makeup yang sudah kontak dengan orang lain, you are definitely risking the hygiene of the product. Ini yang menurut saya perlu dipertimbangkan.

Produk makeup yang sudah terbuka dan kontak dengan kulit sudah pasti terkontaminasi dengan apa pun yang ada di udara dan kulit orang tersebut. Bakteri, virus, jamur, dan mikroorganisme lainnya sudah tidak diragukan lagi berada di produk makeup yang sudah terbuka, apalagi terpakai. Penggunaan makeup yang lalai pada akhirnya akan menumpuk kontaminasi-kontaminasi ini, and MIGHT lead you to infection, seperti pink eye, jerawat, pembengkakan, atau mungkin penyakit-penyakit seperti flu, radang, dsb. Sebenarnya, agar hal ini terjadi pun nggak perlu pihak kedua. Makeup kamu sendiri bisa membawa risiko yang semua.

Resiko-resiko ini juga tidak bisa dengan mudahnya hilang. Untuk mensterilkan produk, harus melewati proses pemanasan dengan tempratur yang sangat tinggi, dan akan merusak warna dan konsistensi produk kamu. Sayang-sayang dong ya?

Sebenarnya, saya gatel menulis tentang hal ini karena melihat masalah Hellua Puspoyo dengan Wet n Wild beberapa waktu lalu. Saat itu, Hellua komplain lewat IG tentang Wet n Wild yang mengirim produk dengan segel yang terbuka dan sidik jari di produknya. Lalu, karena itu, ia dianggap berlebihan akibat komplain dan ketidaksediaanya menghibahkan produk itu untuk giveaway (yes people ask her to give the products after her rant about how ignorant people to hygiene). Saya agak sedih sih melihatnya. Hellua malah dipojokkan karena nggak toleran dengan masalah hygiene di produk makeup-nya.

Baca juga: 3 Cara Menghemat Budget Belanja Makeup

Pada intinya, keputusan seseorang terhadap makeup preloved ini akan selalu berbeda-beda, we only need to respect each other’s decision. Saya cuma berharap, artikel ini bisa jadi tambahan pertimbangan kamu sebelum membeli makeup preloved. Mungkin kalau mau coba makeup dengan harga lebih murah, opsi share in jar (yang bahkan udah banyak berlaku untuk lipstick) bisa jadi pilihan.