Makeup Tampak Baru dengan 3 Beauty Hacks Ini

Blush on tiba-tiba nggak pigmented lagi? Atau warna lipstick berubah karena sering dicampur? Jangan langsung beli yang baru! Coba tiga beauty hacks berikut.

Nggak hanya brush aja yang harus dibersihkan secara rutin, produk beauty lainnya, seperti blush on, lipstick, dan eyeshadow palette juga perlu dibersihkan setelah dipakai. Selain obviously jadi sarang bakteri, produk ini bisa menurun juga performanya kalau terlalu kotor. Sayang kan kalau blush on atau pressed powder favorit tiba-tiba jadi nggak pigmented lagi?

Nggak perlu langsung beli yang baru, kamu bisa coba tiga hacks membersihkan produk beauty ini. Alat-alat yang diperlukan juga mudah ditemukan atau bahkan kamu udah punya di rumah.

 blush on hack

Good as new!

Powder Products yang Nggak Keluar Warnanya Lagi

Pernah punya blush on yang awalnya pigmented, tiba-tiba jadi nggak keluar warnanya? Ini biasanya terjadi karena tumpukan minyak yang menempel. Untuk mencegahnya, pastiin wajah kamu nggak berminyak dengan blotting paper sebelum touch up. Nah, kalau udah terlanjur ada bagian blush on yang mengeras, jangan langsung beli yang baru ya. Coba angkat permukaan yang mengeras itu dengan selotip.

Pertama bersihkan permukaan blush on dengan kapas yang sudah diberi alkohol (saya pakai alkohol 70%) dengan ditekan pelan-pelan. Setelah mengering, tempel selotip di permukaan yang mengeras, tekan-tekan, lalu angkat. Ulang beberapa kali, dan voila! blush on kamu jadi good as new. Selain blush on, hack ini juga bisa kamu pakai untuk powder products apapun yang mengeras karena oil buldup, seperti pressed powder dan bronzer.

Membersihkan Packaging Bahan Karet

Kalau kamu punya kuas Real Techniques, palette Lorac Pro, atau blush on NARS, pasti ngalamin deh yang satu ini. Packaging-nya yang berwarna hitam dan berbahan seperti karet emang seperti magnet buat excess powder dan debu. Gemes banget rasanya kalau udah dibersihin pakai sabun, tapi tetap kelihatan kotor. S

Akhirnya saya coba pakai Magic Sponge lembap, dan berhasil! Caranya, potong sedikit Magic Sponge, basahkan dan peras seperti Beauty Blender biasa. Lalu lap permukaan yang seperti karet sampai nodanya hilang. Kalau masih ada excess powder atau serbuk dari sponge yang menyisa, bisa dilap lagi dengan kapas yang sudah diberi alkohol dan diangkat dengan menempelkan selotip. Jangan terlalu lama ya, takutnya lapisan “karet” itu malah terangkat selotip. Magic Sponge ini bisa dibeli di supermarket atau toko home appliances seharga sekitar Rp26.000,-.

lorac pro

Before & after

Membersihkan Ujung Lipstick

Lipstick bisa dibilang salah satu produk makeup yang paling sering di-reapply, tapi apa kamu udah rutin bersihin bullet lipstick? Sel-sel kulit mati dari bibir yang jarang dieksfoliasi dan minyak bisa menempel di bullet. Ini bisa jadi mengurangi intensitas warnanya.

Kamu bisa aja menghilangkan permukaan lipstick pakai pisau yang udah disterilkan dengan alkohol, tapi kalau sayang banyak produk yang terbuang, coba cara simple berikut. Cukup tempel selotip di permukaan atas lipstick sebentar  aja (literally in a snap), lalu angkat selotip perlahan. Setelah itu, tuang alkohol ke cup atau mangkuk kecil, dan rendam bullet lipstick beberapa menit. Angkat dan tunggu sampai kering.

Itu dia hacks yang biasa saya lakukan untuk bersihin produk beauty. Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba ya!