Anti Handuk Ala Skincare Korea

Kalau produk skincare Korea udah biasa, gimana dengan metode anti handuk? Tertarik coba?

Mungkin masalah mengusap wajah dengan handuk untuk menghindari gesekan pada kulit sudah sering dibicarakan. Nah, sekarang, ada tips baru lagi nih, yaitu untuk benar-benar menyingkirkan handuk pada skincare routine kita. Mungkin tidak cuma orang-orang Korea yang sudah melakukan hal ini, kayak Senior Editor FD, Kak Netta contohnya yang udah lama melakukan ini. But, I just happened to know it from a Korean skincare enthusiast, founder dari Glow Recipe, Christine Chang. Lewat blog post Glow Recipe, ia membagikan tips yang ia dapatkan dari ibunya ini. Ia juga mengaku sudah melakukannya selama sepuluh tahun.

Untuk mengeringkan wajah, Christine menggunakan tangan untuk menepuk-nepuk wajahnya hingga terasa lembap, bukan basah,  sebelum akhirnya lanjut ke langkah skincare. Cara ini diyakini lebih gentle dan higienis. Mengapa begitu? Saat menggunakan handuk, terkadang secara tidak sadar, gerakan tangan kita menyebabkan gesekan-gesekan yang cukup kasar untuk kulit, yang bisa “memupuk” kerut.

Baca juga: Tampar Wajah, Rahasia Anti Aging Baru?

“We want to be as gentle as possible to our skin,” jelas Christine. Nah, alasan yang lebih pentingnya lagi, handuk yang lembap bisa menjadi tempat yang “nyaman” untuk bakteri berkembang. Menggunakannya bisa mengantar bakteri-bakteri tersebut pada wajah. Jadi, menepuk-nepuk dengan tangan yang bersih akan memperkecil kemungkinan terjadinya inflamasi dan berkembangnya bakteri  jerawat di wajah kamu.

Selain itu, menepuk-nepuk wajah setelah mencuci juga akan memberi extra hydration dan membantu produk untuk menyerap lebih baik.

dith the towels

Image: instagram/christine_glow

Baca juga: Tips Skincare & Haircare dari Beauty Influencer

Teknik menepuk-nepuk ini juga Christine gunakan saat mengaplikasikan semua produk perawatan kulitnya, dari toner bahkan hingga sunscreen. Dengan menepuk-nepuk, panas yang ada pada tangan dapat membantu produk untuk terserap lebih baik dibanding mengusapkannya. Teknik ini juga sangat cocok untuk kalian yang gemar melakukan layering pada skincare routine karena produk yang diaplikasikan akan benar-benar terserap, sehingga kulit tidak terasa berat setelah dilapisi beberapa layer produk skincare.

Bagaimana? Berniat menyingkirkan handuk kamu, atau justru sudah lama kamu lakukan?