Ini Kata Dokter Soal Tidur Pakai Makeup

Apa sebenarnya yang membuat jerawat muncul saat tidur pakai makeup? Ini penjelasannya.

I’m pretty sure most people udah tahu kalau tidur pakai makeup itu nggak baik untuk kulit wajah. Nggak sedikit orang yang ngalamin jerawat muncul karena nggak menghapus makeup sebelum tidur. Meanwhile, ada juga sih some lucky ones yang nggak jerawatan meski tidur dengan makeup.

Mungkin banyak yang berpikiran durasi pemakaian makeup yang terlalu lama yang jadi trigger jerawat. Tapi saya pikir-pikir pakai full makeup 12 jam di siang hari hampir nggak pernah bikin saya jerawatan deh, unless ada kandungan suatu produk yang memang nggak cocok dengan kulit saya.

tidur-3

Besides the obvious reason, banyak kotoran yang menempel di wajah setelah seharian di luar rumah, sebenarnya apa yang membuat tidur tanpa menghapus makeup bikin jerawatan? Untuk menjawab rasa penasaran saya, saya tanya ke dr. Edwin Tanihaha Sp.KK dan ini penjelasan beliau.

Sebaiknya menghapus makeup berapa jam setelah pemakaian, ok?

“Sebenarnya nggak ada waktu yang spesifiknya kapan makeup itu harus dibersihkan karena kebutuhan orang memakai makeup berbeda-beda. Kalau dia orang yang aktifitasnya padat dari pagi sampai malam dan harus pakai makeup seharian, ya nggak apa-apa pakai seharian. Asalkan setelah selesai aktifitas harus langsung dibersihkan. Nggak boleh sampai dibawa tidur karena sangat resiko berjerawat.”

Sebenarnya apa yang menyebabkan berjerawat saat makeup dibawa tidur?

“Saat kita tidur ada pengelupasan kulit secara alami. Nah, kalau kita pakai makeup saat tidur, segala minyak, kotoran, dan cairan tubuh yang mau keluar lewat pori-pori terhalang makeup dan nggak bisa keluar. Selain itu, saat kita tidur juga terjadi water loss dua kali lipat lebih banyak dari biasanya. Salah satu penyebab dari water loss ini adalah regenarasi kulit tadi. Jadi kulit yang dehidrasi, ditambah kotoran dan makeup yang tersumbat di pori-pori, akan menyebabkan jerawat.”

Nah, itu penjelasan dr. Edwin Tanihaha SpKK tentang nggak boleh tidur pakai makeup. Jadi sebenarnya not necessarily produk makeup atau durasi pemakaiannya yang mengakibatkan jerawat, tapi karena kulit yang jadi sulit beregenarasi saat pori-pori terhalang makeup.

Jadi untuk kesekian kalinya, selalu hapus makeup dan bersihkan wajah sampai tuntas sebelum tidur, ya, no matter how tired you are.