FD Beauty Directory: Belanja Makeup di Thailand

Serba murah dan banyak brand lokal, belanja makeup di Thailand pasti bakal bikin kalap! Ini dia toko wajib kunjung di sana.

Dua kali jalan-jalan ke Bangkok, Thailand, of course saya nggak lupa belanja makeup. Dua hal yang bikin belanja makeup di Bangkok menarik adalah pertama, pilihan brand lokalnya banyak banget, dan tentunya ini yang menarik dicari karena nggak ada di Indonesia; dan kedua, harganya serba murah! Murah di sini adalah harga 500 Baht (sekitar Rp200 ribu) aja udah tergolong mahal, dan banyak produk bagus dengan harga sekitar 100-300 Baht aja. Asyik kan?

Di Mana?

Walau di Bangkok juga ada Sephora, tapi Bangkok juga punya “Sephora lokal” alias toko makeup multi-brand yang menjual beragam brand kecantikan, baik lokal maupun brand luar. Dua toko yang wajib kunjung ini sama-sama bisa kamu temuin di Siam Square (kamu bisa naik BTS dan turun di stasiun BTS Siam).

tempat-belanja-makeup-tahiland-bangkok-0

Eve and Boy

Wah, ke toko yang satu ini pasti kalap deh. Saya rasa ada ratusan brand lokal Thailand dijual di sini, dan juga brand-brand skincare Jepang, makeup Korea (termasuk my favorite Beauty People) sampai brand-brand Western yang nggak ada di Indonesia seperti Burberry, Laura Mercier, GOSH, Makeup Revolution  dan NARS. Mostly harganya bakal jauh lebih murah dibanding kalau kamu beli online di Jakarta (blush on NARS Cuma Rp350 ribu!), tapi ada juga yang lebih mahal (foundation favorit saya, Estee Lauder Double Wear harganya malah Rp700 ribu).

tempat-belanja-makeup-tahiland-bangkok-7

Saya sendiri beli brand sunscreen physical Thailand, Mizumi, dan juga Mad Hippie Vitamin C Serum yang udah lama pingin saya coba. Harganya kalau di Rupiah-kan, cuma Rp480 ribu, sedangkan online shop di Indonesia bisa jual seharga Rp700 ribu.

Maaf banget saya nggak bisa rekomen spesifik brand Thailand apa untuk kamu beli di sini karena ada banyak banget. Better sediakan waktu minimal dua jam kalau ke sini untuk hunting dan pesta swatch!

Beautrium

Lebih kecil, dan tidak selengkap Eve and Boy, tapi tetap worth it dikunjungi. Beauty assistant di Beautrium juga jauh lebih ramah nih di sini dibanding Eve and Boy. Sejumlah brand Thailand yang saya suka di sini adalah DAREME, yang produk jagoannya adalah Matte Lip Paste (lipstick matte super nyaman dalam bentuk tube), dan Cute Press, spesialis makeup kolaborasi yang punya koleksi makeup Alice in Wonderland sampai Beauty and The Beast.

tempat-belanja-makeup-tahiland-bangkok-6

Oh ya, di toko ini kamu juga bisa menemukan brand Western seperti Essence dan Lime Crime.

Selain Eve & Boy dan Beautrium, boleh juga diintip toko-toko di bawah ini, walau menurut saya nggak wajib:

Beauty Buffet (store makeup kecil yang tersebar di penjuru Thailand. Sampai di stasiun kereta pun ada. Yang dijual adalah produk lokal Thailand.)

Boots (Bisa beli produk makeup Soap & Glory, skincare Paula’s Choice dan brand drugstore Seventeen yang menurut saya bagus banget. Produk Seventeen favorit saya adalah lip tint dan liquid highlighter-nya.)

Sedikit tips, sebelum hunting makeup di Thailand, better bawa stok tisu basah dan kering untuk menghapus lipstick dan swatch makeup. Toko makeup di sana nggak seperti di sini yang setiap counter sedia tisu; kita harus minta ke kasir dan biasanya cuma dikasih selembar kecil LOL.