Cara Kulit Mulus Cewek Prancis

Dari founder Caudalie, saya mengorek cara kulit mulus tanpa makeup cewek Prancis. And oh, the brand is coming to Indonesia!

What if I told you, sebentar lagi kamu bisa beli Caudalie Beauty Elixir; face mist favorit Victoria Beckham, Rosie-Huntington Whiteley sampai BoA? Yup, brand ternama Prancis, Caudalie, akan masuk Sephora Indonesia mulai Juli 2017 nanti! Bagi kamu yang belum familiar dengan Caudalie, brand ini terkenal dengan skincare berbahan alami, terutama star ingredient anggur yang tinggi antioksidan dan bagus banget bagi kulit.

cara-kulit-mulus-caudelie-indonesia-0

Thanks to Sephora Indonesia, saya “curi start” dan ngobrol langsung dengan founder Caudalie, Mathilde Thomas, di Singapura minggu lalu. Iya, bener…Langsung sama founder-nya! Sambil minum teh di Marina Bay Sands, saya pun mengorek rahasia cantik ala Prancis, termasuk cara kulit mulus tanpa makeup sampai pengobatan jerawat.

cara-kulit-mulus0caudelie-indonesia-1

Mathilde Thomas

Orang familiar dengan 10 step Korean skincare routine, atau cleanse-tone-moisturize ala Amerika. Nah, skincare routine ala Prancis tuh seperti apa sih?

Skincare penting banget di Prancis. Setiap ibu akan ngingetin anak-anaknya dari kecil untuk pakai pelembap kaya antioksidan, dan wajib pakai sunscreen. Dan tentunya, selalu bersihin makeup. Simple, tapi wajib, dan nggak boleh skip.”

Satu hal yang erat sama French beauty adalah segala sesuatunya effortless; nggak makeup pun kayaknya cewek-cewek Prancis udah cantik. Dan dibandingin sama aktris-aktris Hollywood, pemain film Prancis kayaknya lebih nggak takut terlihat tua. They all seem to embrace aging.

Oh yes, absolutely. Cewek Prancis obsessed banget terlihat cantik alami. Nggak seperti perempuan Amerika yang umum banget pakai makeup lengkap di usia muda, skincare bagi kami (perempuan Prancis) lebih penting. Dan kami maunya cantik, tanpa banyak usaha. Sedangkan cewek Amerika itu ‘no pain, no gain’. Betul? Kalau kami sih, no pain, no gain, no way. Hahaha…

“Orang Prancis suka makan, enjoying our red wine, bukan kayak cewek Amerika yang lari 20 kilo tiap pagi di Central Park, dan diet ini-itu agar kurus. Cara kurus cewek-cewek Prancis adalah makan sehat. Masak sendiri di rumah, bukan keluar dan beli makanan junk food.”

Jadi, konsep anti-aging nggak populer kah di Prancis?

“Populer, tapi bukan seperti Botox, filler dan semacamnya. Anti-aging di Prancis adalah ke pharmacy, beli serum-serum hyaluronic acid, skincare kaya antioksidan dan peptides yang bikin kulit kuat, terlindung dari radikal bebas, dan memperkuat produksi kolagen kulit agar selalu kencang.”

Mathilde, di Female Daily tuh topik jerawat selalu populer. Kalau di Prancis, biasanya cewek-cewek mengobati jerawat pakai apa?

“Bahan seperti benzoyl peroxide nggak boleh diperjual-belikan bebas di Prancis; harus lewat dokter. Itu pun dengan dosis yang rendah banget. Beda deh dengan di Amerika. Untuk kasus jerawat parah, yang populer di Prancis adalah pengobatan dengan obat minum. Untuk yang usianya lebih tua, biasanya akan diberi pil KB.

Nah, Caudalie sendiri sedang menggodok beberapa produk dengan salicylic acid. It’s effective, and much gentler than benzoyl proxide. Nggak karsinogenik pula. Kami akan mengkombinasikan enam organic essential oil yang ada di Caudalie Beauty Elixir dengan AHA. Bentuknya ada yang berupa exfoliating toner, juga lotion. Ditunggu aja ya launching-nya.”

cara-kulit-mulus-caudelie-indonesia-2

Speaking of Caudalie products, produk apa aja yang paling kamu rekomendasikan dicoba cewek Indonesia Juli nanti?

Caudalie Grape Water, karena melembapkan juga ramah di kulit sensitif. Our famous Beauty Elixir, of course. Dan untuk mencerahkan kulit kusam atau bekas jerawat, aku sangat rekomen Caudalie Vinoperfect Radiance Serum. Bahan grape vine sap-nya 62 kali lebih efektif untuk mencerahkan dibanding vitamin C. Kamu dapet kan produknya? Cobain deh.”

Siap! By the way, maaf banget nih Mathilde, tapi di samping klaim aman untuk kulit sensitif, aku lihat beberapa produk Caudalie masih ada fragrance-nya. Sebagai pemilik kulit sensitif, aku dag-dig-dug…

Yes, contohnya produk ini (Caudalie Vinosource Moisturizing Sorbet), saat kami formulasikan tanpa pewangi sintetis, aku cium aromanya kurang enak. Jadi aku harus ngalah sedikit, dan pakai  80% pewangi alami dicampur 20% bahan pewangi sintetis.

“Sebelum memberi klaim produk Caudalie aman untuk kulit sensitif, harus lolos test di sekitar 200 orang; menimbulkan reaksi nggak? Sedangkan di industri sekarang, kebanyakan produk baru hanya di test pada sepuluh sampai 20 orang. Jadi kami yakin, walau masih mengandung sedikit parfum, produk-produk ini tetap aman.”

Glad to hear that! Last but not least, apa nasihat kamu yang paling utama untuk pembaca FD yang pingin kulit kinclong?

 Take off your makeup every night, dan rajin pakai skincare yang kaya antioksidan!”

Saya dan Mathilde juga ngobrol tentang makeup minimalis cewek Prancis. More on that, tunggu di artikel berikut ya :)