4 Alat Pencabut Komedo, Pernah Coba?

Komedo adalah hasil dari penumpukan sel kulit mati dan kotoran yang bercampur dengan minyak di dalam pori-pori. Membersihkan komedo bisa dengan berbagai cara, salah satunya adalah menggunakan alat pencabut komedo!

Sudah nonton video Tips Menghilangkan Komedo di Skincare 101, kan? Selain eksfoliasi kimia menggunakan toner BHA, membersihkan komedo juga bisa manual menggunakan alat. Nggak harus ke klink kecantikan atau dokter kulit, karena keempat alat ini bisa kamu beli bebas di drugstore maupun supermarket.

1. Comedone extractor

Professional-1Pcs-Blackheads-Double-Side-Whiteheads-Acne-Remover-Comedone-Extractor-Face-Care-Beauty-Stainless-Tool-sideBuat yang suka nonton video-videonya Dr. Pimple Popper pasti sudah familiar banget dengan alat yang satu ini. Terbuat dari stainless steel, alat ini memiliki dua tip yang biasanya tersedia dalam ukuran besar dan kecil. Cara menggunakan alat ini adalah dengan menekannya di sekitar area pori untuk mendorong keluar minyak dan kotoran penyebab komedo. Selain untuk komedo, alat ini juga bisa digunakan untuk mengeluarkan jerawat yang sudah hampir keluar “isi”-nya. Tapi hati-hati untuk nggak menekannya sampai berdarah, karena itu tanda-tanda bahwa tekanannya terlalu keras!

2. Blackhead tweezer

New-Style-Eyelash-Extension-Nipper-Anti-Acid-Steel-font-b-Tweezers-b-font-Removal-Acne-font-side

Ini adalah alat yang dipakai Tina Yong di video blackhead extraction-nya yang sudah ditonton 5 juta kali. Berbentuk seperti penjepit, alat dari besi ini juga bekerja dengan cara yang sama, yaitu ditekan di dekat pori, kemudian kotorannya akan dijepit keluar. Dari video-video ekstraksi yang saya tonton, sepertinya alat ini bisa mengeluarkan minyak dan kotoran lebih efektif dibandingkan alat sebelumnya dan tekanan yang diberikan pun nggak harus sekuat alat pertama. Apalagi ketika semua residunya keluar secara bersamaan, kamu nggak perlu lagi berulang-ulang menekan daerah tersebut.

3. Cotton ball

COSRX_blackhead_silk_finger_ball-sideBrand yang terkenal dengan produk blackhead cotton ball-nya adalah COSRX. Selain praktis karena cuma sekali pakai, cotton ball ini bisa dibilang gentle banget dan nggak rawan menimbulkan inflamasi di kulit. Meskipun gentle, tapi agak diragukan juga efektivitasnya dalam mengangkat komedo karena terlalu halus untuk mengangkat kotoran. Dari review beberapa member FD, banyak yang bilang efeknya baru terlihat setelah beberapa kali pemakaian. Jadi, kalau alat-alat sebelumnya terlihat agak “keras” tapi bisa langsung memberikan efek instan, kepompong gemas yang satu ini butuh pemakaian rutin untuk hasil maksimal.

4. Finger tip silicon

innisfree blackhead-sideMirip-mirip dengan blackhead cotton ball, produk ini juga dipakai langsung di jari dan digosok-gosok perlahan di area hidung. Bahannya terbuat dari silikon dan terdapat dua sisi, sisi yang bertitik-titik kecil untuk eksfoliasi ringan dan sisi yang bergaris untuk eksfoliasi intens. Karena tahan air, finger tip ini biasanya harus dipadukan dengan produk lain sebagai “pelumas” komedonya seperti Innisfree Jeju Volcanic Blackhead Out Balm.

Meskipun membersihkan komedo bisa dilakukan di rumah dengan alat-alat ini, tetapi penggunaannya pun nggak boleh main-main. Hal pertama yang harus diingat tentunya adalah mengangkat komedo saat wajah dalam kondisi bersih dan lembap. Jadi nggak dianjurkan tuh, iseng-iseng pencet komedo di kamar mandi dalam keadaan wajah lagi berminyak dan tangan kotor.

Setelah pemakaian alat-alatnya, pun harus disterilkan atau direndam dalam alkohol untuk mematikan bakteri yang ada. Hati-hati juga saat menekan alatnya di kulit supaya nggak melukai atau menggores kulit terlalu dalam dan memicu masalah kulit baru. Amannya sih, kalau kamu memang belum pernah mencoba ekstraksi manual sama sekali, lebih baik langsung pergi ke klinik atau dokter kulit untuk ditangani secara profesional.

Ada yang sudah pernah mencoba alat-alat di atas di rumah? Efektif kah atau justru malah tersiksa? :D Share di comments, ya!