Pengaruh Hyaluronic Acid bagi Rambut

Nama Hyaluronic Acid sudah tidak asing lagi di dalam produk skincare. Tetapi kalau ada di dalam produk rambut, apa sih, pengaruhnya?

Bagi kalian penggemar produk skincare dengan manfaat melembapkan, tentu nama Hyaluronic Acid sudah sering banget tercantum di dalam ingredients list. Tetapi kalau dalam kandungan produk perawatan rambut rasanya tidak terlalu digembar-gemborkan. Rasa penasaran saya muncul awalnya ketika saya sedang browsing website Lucido-L Singapore dan melihat salah satu produk mereka, yaitu Extra Treatment Water which claims “contains Penetrative Hyaluronic Acid to capture and hold moisture within hair.” Setelah saya browsing lebih lanjut, ternyata ini bukan gimmick belaka, tetapi pengaruh Hyaluronic Acid bagi rambut memang cukup penting.

Hyaluronic Acid atau biasa disingkat HA memang merupakan komponen alami yang dapat ditemukan di hampir setiap sel di dalam tubuh manusia. That’s why HA tidak hanya bermanfaat bagi wajah saja, tetapi bagian tubuh lainnya pun juga membutuhkan HA dengan fungsi yang berbeda-beda, misalnya sebagai “pelumas” pada bagian sendi. HA dapat mempertahankan kelembapan dengan kapasitas 1000x dari beratnya, itu mengapa HA sangat diandalkan dalam produk-produk skincare dengan fungsi utama untuk meningkatkan kelembapan.

Namun, seiring berjalannya usia, produksi HA pada tubuh manusia pun dapat berkurang, itu mengapa produk dengan bahan utama HA digemari oleh banyak orang. HA tidak hanya dapat ditemukan pada produk-produk kecantikan, tetapi juga dapat disuntikkan pada area tertentu atau dikonsumi dalam bentuk suplemen.

Dilansir dari website naturallycurly.com, dermatologis Dr. Paradi Mirmirani menyatakan bahwa HA dapat bekerja sebagai penyubur karena dapat meningkatkan pertumbuhan dan ketebalan rambut. Hal ini dikarenakan HA dapat memberi sekaligus menjaga kelembapan pada kulit kepala. Dengan kepala rambut yang sehat, maka pertumbuhan rambut pun akan semakin cepat dan rambut yang tumbuh pun menjadi lebih sehat.

On the other side, HA juga bekerja untuk mengatasi penuaan dini pada rambut yang biasanya menyebabkan rambut rontok dan kusam, selain itu, juga dapat menutrisi dan memberikan kelembapan ujung rambut yang kering dan bercabang. Secara keseluruhan, HA dapat membantu rambut terlihat lebih sehat dan berkilau.

body ha 1

Kini, sudah ada lumayan banyak pilihan produk rambut yang mengandung HA. Kalau kamu penasaran ingin merasakan sendiri efek dari HA pada rambut,  kamu bisa coba beberapa pilihan dari John Masters Organics line seperti Organic Bare Shampoo, Honey & Hibiscus Hair Reconstructor, atau Evening Primrose Shampoo. Atau kamu bisa coba produk lainnya seperti Kose Cosmeport Je l’aime Deep Moist (Secret Des Fruit) dan Je l’aime Shiny Repair Shampoo yang bisa ditemukan di Lazada atau bisa mencoba Lucido-L Hair Treatment Essence atau Phytokeratine Repairing Thermal Protectant Spray untuk perawatan ekstra.

Ada diantara kamu yang pernah mencoba produk rambut dengan kandungan HA? Apa sih pengaruhnya bagi rambut kamu?