Kevin Maharis: “Vitamin C is something I Strongly Believe in”

Kevin Maharis adalah seorang aesthetic physician sekaligus pemilik Maharis Clinic, yang tidak akan kelihatan out of place sebagai model. Kalau mengintip Instagram feed dan juga blog-nya, kelihatan jelas sekali pria lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang mendapatkan post-graduate diploma in dermatology dari Cardiff University di Inggris adalah seseorang yang sangat memperhatikan estetika. Kesan yang sama saya dapatkan saat pertama kali mengunjungi Maharis Clinic yang terdapat di Jalan Malabar, Jakarta Pusat.

Klinik yang didirikan tahun 2012 ini didominasi warna putih dan didesain dengan sangat elegan tapi juga inviting! Kami duduk di area lounge dengan dinding kaca yang menghadap ke taman, dikelilingi dekorasi Natal nuansa gold yang sangat chic serta Christmas carols yang mengalun lembut melalui speaker. It was November yet I could already feel the Christmas spirit bubbling inside of me and it made me happy and relaxed :D

Kevin-Maharis

Kalau kamu sering nonton video Skincare 101 saya di YouTube, mungkin kamu familiar dengan brand skincare lokal baru bernama Votre Peau. Nah, dr. Kevin Maharis bersama adiknya, dr. Ricky Maharis, adalah dua orang di belakang brand tersebut. Ini juga yang jadi alasan saya bertemu beliau sore hari itu. I was very curious about the brand and their future plans. Kamu juga penasaran? Yuk simak obrolan saya bersama dr. Kevin Maharis!

Dok, ceritain dong awal mula terciptanya Votre Peau?

“Awal mulanya sebenernya adalah dari Vitamin C. Ini adalah kandungan skincare yang saya percaya banget. I strongly believe in it. Jadi semua pasien saya pasti saya kasih Vitamin C karena banyak yang dateng dengan flek dan sebagainya. Saya sendiri juga pake Vitamin C like crazy, pagi dan malam hari secara rutin (Kulitnya dr. Kevin Maharis ini bagus banget! – red). Selama ini kita pakai satu produk Vitamin C yang diimpor dari Singapura, yang formulation-nya saya cukup suka. Adik saya, Ricky, kemudian bilang “Ini sebenarnya kita bisa bikin sendiri di Indonesia. Ngapain kita impor dari Singapura yang akhirnya jadi cost untuk klien kita?” Akhirnya diformulasikan, terus kita kasih ke para staff kita, mereka suka. Kita test ke klien, mereka juga suka! Pelan-pelan di klinik kita menggunakan produk kita sendiri. Lima puluh persen kita menggunakan our own products, sisanya masih menggunakan produk impor, karena klien juga punya preferensinya sendiri-sendiri.”

Votre Peau juga punya Cleansing Brush ya dok? Apa gunanya?

“Jadi kan biasanya kita menyarankan pasien untuk melakukan chemical peeling sebulan sekali atau dua bulan sekali di dokter kulit supaya kulit matinya bersih. Tapi kan banyak orang yang sibuk, merasa ke dokter kulit itu ribet atau mahal, and they want to do it themselves at home. Nah itu bisa pakai cleansing brush. They can do it once a week. Kalau mereka rutin pakai itu seminggu sekali selama sebulan, benefitnya sama dengan melakukan chemical peel yang dikerjakan satu kali sebulan itu.”

votre-peau-vitamin-c

Apakah ada rencana nambah produk?

“Yup, sekarang kan Votre Peau punya Vitamin C serum, Sunblock, Sake Brightening Spray, Night Cream dan Cleansing Brush. Soon we will have cleanser too.

Produk Votre Peau ini sendiri bisa di-combine dengan produk lain. Contohnya saya selalu memberikan serum Vitamin C ini ke pasien saya, dengan Polyhidroxy Acid, yang merupakan exfoliant, seperti AHA (Alpha Hydroxy Acid) atau BHA (Beta Hydroxy Acid). Kenapa PHA karena pasien saya banyak yang kulitnya sensitif. Nah selain itu saya juga kasih krim racikan yang isinya retinoic acid, peptide dan lain-lain untuk malam hari. Kalau pagi, setelah cuci muka, pakai serum Vitamin C dan pakai sunblock. Atau kalau mereka ada pigmentation problem, sebelumnya dikasih Sake Spray dulu.¬†Sake Spray itu seperti kojic acid tapi yang non-irritative.”

Jadi dipakainya setelah serum?

“Iya setelah serum dan sebelum sunblock. Nah sunblock-nya itu sebenarnya bisa di-mix dengan foundation dan jadi CC Cream hehehe.”

Sunblocknya itu enak banget loh.

“Hahah makasih. Iya kita mengutamakan banget formula sunscreen yang nggak oily. Kita kan hidup di negara tropis ya, jadi penting banget untuk pakai sunscreen yang nggak bikin kulit kita tambah berminyak. Saya mendapatkan ide untuk bikin formulasi sunscreen yang ini dari produk-produk luar negeri yang saya sukai. I have oily skin too, jadi saya paling nggak mau pakai sunscreen yang berminyak.”

By the way, yang saya tau Vitamin C itu kan termasuk kandungan skincare yang nggak stabil. Gimana dengan serum Vitamin C Votre Peau?

“Nah, saya tahu banget bahwa vitamin C itu adalah kandungan yang nggak stabil. Makanya, with that in mind, saya bilang, bisa nggak ini dibuat sestabil mungkin. Jadi setelah dia terkena matahari atau oksigen nggak mudah teroksidasi. Nah makanya kita buat serum vitamin C yang stabil dan nggak mudah rusak. Jadi nggak perlu tuh dimasukin ke kulkas segala. Tapi nggak boleh kena matahari langsung ya.”

Dok, kenapa sih Vitamin C itu rentan membuat kulit sensitif?

“Karena Vitamin C itu kan ascorbic acid, bahan dasarnya memang asam. Nah kulit kita itu kan pH-nya bukan pH asam, makanya kalau dikasih kandungan yang asam ke kulit sensitif mudah sekali teriritasi. Itu namanya dermatitis kontak iritan. Nah tapi walaupun Vitamin C itu sifatnya asam, produk kita ini pH-nya dibuat senetral mungkin jadi pada saat dipakai jarang yang iritasi.”

Kevin-Maharis-1

Boleh nggak dipakai dengan acid lainnya seperti AHA atau BHA?

“Nggak apa-apa karena kalau Vitamin C yang ini kan pH-nya netral. Apalagi kalau pasien saya, saya kasihnya PHA. AHA molekulnya sangat kecil sehingga sangat meresap ke kulit. PHA seperti ada protective bubble-nya jadi seperti time release, nggak langsung meresap. Dia juga emollient jadi nyaman dan aman untuk kulit sensitif. Eksfoliasi tapi dilindungi juga jadi kulitnya nggak terlihat terkelupas.”

Saat ini kan Votre Peau baru tersedia online. Ada rencana bikin counter untuk Votre Peau?

“Belum ada rencana untuk bikin counter khusus Votre Peau, karena fokus kita mau launch maharisbeauty.com dan ini adalah online store kami di mana semua produk akan available di situ. Nanti di maharisbeauty.com selain menjual barang-barang Maharis Group, kami akan menjual produk-produk yang kita sudah coba and it’s good. Jadi kita nggak akan punya 50 selections of lipsticks. We’ll have 5 but these are the best 5 that we’ve picked for you. Jadi fokusnya kita di online aja.”

fernando-cosmetics

Sekarang ada Fernando Cosmetics juga! Apa nih yang membedakan liquid lipstick Fernando dengan yang lain?

“Well, first, harganya affordable, yaitu Rp177.000,- dan dengan harga segitu, pilihan warnanya nggak bisa dibedain dengan produk yang jauh lebih mahal. Warna-warnanya kekinian banget dan semuanya matte. Nah ini yang membedakan Fernando Cosmetics dengan Maharis Beauty nantinya, karena kalau Fernando fokus ke warna-warna yang kekinian, Maharis Beauty akan menawarkan warna-warna yang klasik.¬†Fernando Cosmetics dan Votre Peau adalah brand yang ‘entry level‘. Maharis Beauty adalah brand yang lebih high end, di mana produk-produknya adalah stem-cell based.”