banner-detik

eyeliner

Eyeliner Lokal VS Eyeliner Korea

seo-img-article

Apa sih bedanya eyeliner lokal sama yang dari Korea? Mana yang lebih unggul? Yuk, simak perbandingannya di artikel ini!

As a Korean-makeup freak living in Indonesia, pernah dong saya merasa iseng ingin tau bedanya produk lokal dan yang dari Korea. Sebeda apa sih produk dari kedua negara ini? Kalau tidak sebeda itu, toh beli yang lokal aja lebih praktis kan? Jujur aja ya, saya tuh orangnya kurang patriotik, jarang-jarang membeli produk lokal (sorry, I know I’m a bad Indonesian sad emoticon). But that’s about to change, karena di artikel ini saya akan membandingkan eyeliner lokal pertama dari eyeliner Korea yang biasa kupakai. Kira-kira apa ya bedanya?

Nah, kedua eyeliner yang akan di-test ini sering di-rave beauty bloggers dari negara masing-masing. Dua produk ini adalah: Make Over Eye Liner Pencil in Black Jack dan 3 Concept Eyes (3CE) Creamy Waterproof Eyeliner in #1 Cats.

makeover3ceSedikit perkenalan, Make Over adalah brand lokal yang sama perusahaan dengan Emina dan Wardah. Salah satu produk bestseller Make Over adalah eyeliner pensilnya. Di FD Beauty Review aja, eyeliner Make Over ini mendapatkan rating 3.7 dari 123 reviewers!

On the other hand, brand 3 Concept Eyes (3CE) sudah pasti tidak asing lagi untuk kalian yang pecinta Korean makeup. 3CE merupakan makeup line dari StyleNanda, label fashion Korea yang terkenal karena favorit idola K-Pop. Salah satu produk best seller 3CE juga adalah eyeliner-nya yang sangat disukai cewek-cewek Korea.

Okay, enough with the basa-basi, let the battle begin!

Harga

Obviously, perbedaan harga mereka cukup drastis. Eyeliner MakeOver dijual dengan harga Rp80.000,- dan bisa didapatkan dengan mudah di Indonesia. Sedangkan eyeliner 3CE harganya lebih dari dua kali lipat (Rp.200.000,-) dan hanya bisa kamu dapatkan dari online shop.

Tekstur

Tekstur eyeliner Make Over sangat creamy, dan saat dipakai di mata memang lembut banget. Tapi, karena dia creamy, juga lebih gampang berantakan saat aplikasi. Eyeliner pensil ini juga susah diraut karena gampang patah (setelah diswatch di tangan langsung putus OMG eek).

Seperti kebanyakan pensil eyeliner lain dari Korea, eyeliner 3CE teksturnya keras jadi aplikasinya lumayan susah. Harus digambar berkali-kali sebelum warnanya bisa keluar.

swatchPigmentasi

Saat di-swatch, saya cukup kaget karena eyeliner Make Over super duper pigmented dan warna hitamnya pekat dan tebal banget. Saat dipakai di mata, warnanya sangat menonjol. It really makes your eyes pop!

Warna hitamnya eyeliner 3CE lebih samar sehingga hasil akhirnya kelihatan lebih soft dan natural. Eyeliner ini lebih cocok untuk kamu yang suka dengan look ‘no-makeup’ makeup.

unnamedKetahanan

Saat dipakai seharian, kedua eyeliner ini memang cukup longlasting. Kena air atau diusap nggak akan hilang. Tetapi eyeliner 3CE sedikit lebih tahan lama, mungkin karena teksturnya tidak se-creamy eyeliner Make Over, jadi tidak gampang pudar.

Kesimpulan

Well, kedua eyeliner ini memang ada kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Susah ya, kalau disuruh pilih eyeliner mana yang lebih unggul. Saya pribadi lebih suka memakai eyeliner 3CE untuk sehari-hari, dan eyeliner Make Over kalau lagi pengen eye-makeup yang lebih dramatis. In the end, it depends on your preference, and what kind of eyeliner you are looking for.

Nah, menurutmu gimana? Lebih suka eyeliner lokal atau Korea? Share your thoughts in the comments section below!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment