Alasan Mengapa Perempuan Lebih Rentan Mengalami Kerontokan

Sebagai perempuan saya percaya, kamu pasti pernah mengalami rambut rontok. Cara mengatasinya bisa dengan menggunakan hair fall treatment. Namun, sebelum membenahi kerontokan rambut, cari tahu dulu yuk, penyebab-penyebabnya.

Pada umumnya, setiap hari rambut akan rontok minimal 40 helai per harinya. Namun, untuk pemilik rambut panjang sebahu atau lebih, biasanya berisiko untuk mengalami kerontokan rambut yang lebih parah. Apa sih sebenarnya hubungan rambut panjang dan rontok? Biasanya nih, akar rambut terlalu rapuh, sehingga tidak bisa menahan berat rambut yang panjang. Namun, selain dari akar rambut yang lemah, ada juga beberapa faktor penunjang lain yang dapat membuat rambut lebih mudah rontok.

DSCF5415

Supaya tepat mengatasi kerontokan rambut, yuk, kenali dulu beberapa faktor utama yang menyebabkan perempuan lebih rentan mengalami kerontokan:

Stres
Kamu pasti tahu kalau stres bisa berdampak buruk ke tubuh. Untuk kasus rambut rontok, stres bisa sebabkan tiga hal. Pertama, alopecia di mana sel darah putih menyerang folikel rambut, sehingga rambut mudah rontok. Biasanya ini terjadi ketika kita mengalami stres yang cukup berat.

Kedua, telogen effluvium yang biasanya terjadi ketika kita mengalami stres fisik dan emosinal, hal ini membuat rambut memasuki tahap istrahat sebelum akhirnya rontok. Terakhir adalah trikotilomania, ini terjadi ketika kita terbiasa mencabut rambut atau melakukan penarikan rambut untuk mengurangi rasa stres.

Hormon
Perempuan mengalami masa perubahan hormon sejak masuk ke pubertas, kehamilan, persalinan, dan menopause. Perubahan ini mempengaruhi jumlah hormon progesteron dan estrogen. Kalau salah satu dari hormon ini kurang atau berlebihan, akan berdampak pada kerontokan rambut.

Diet
Sama seperti bagian tubuh lainnya, rambut memerlukan asupan nutrisi yang cukup. Bila pola makan dan asupan nutrisi yang masuk ke adalam tubuh kurang, maka kerontokan rambut bisa menjadi masalah yang akan kamu hadapi. Jadi, ketika kamu melakukan diet, pastikan kamu tetap mengkonsumsi buah dan sayur.

DSCF5429

Proses Kimia
Penggunaan bleaching, perm, dan pewarna rambut selain bisa merusak batang rambut, juga merusak akar serta kulit kepala. Menggunakan bahan kimia dapat membuat kulit kepala kering, sehingga minyak alami yang tadinya bisa menutrisi akar baru akan menghilang.

Sebenarnya banyak banget faktor yang menyebabkan rambut rontok. Tapi, saya rasa faktor yang paling umum adalah ketiga hal di atas ini. Biasanya kalau rambut rontok karena tiga faktor di atas, sebenarnya masih cukup mudah untuk diatasi. Caranya bagaimana? Kalau penyebabnya stres, solusinya adalah melakukan spa atau berolahraga, seperti yoga untuk menenangkan pikiran.

Selama proses memperbaiki dari dalam, ada baiknya kamu juga menambahkan rangkaian hair fall treatment dalam perawatan rambut kamu sehari-hari. Apa saja hair treatment yang dibutuhkan? Bisa mulai dari menggunakan shampo dan conditioner, khusus untuk hair fall treatment. Kalau saya, ketika mengalami rambut rontok, selalu menggunakan shampo dari Dove. Tepatnya, Dove Hair Fall Treatment, shampo ini wanginya lembut banget dan ampuh untuk menjaga nutrisi dari akar hingga ujung rambut saya.

Nah, semoga dengan mengetahui faktor-faktor penyebab rambut rontok, kamu bisa mencari produk-produk perawatan kulit kepala yang sesuai. Yuk #BeraniCobaLagi untuk mengatasi rambut rontok kamu.