Face Shaving Bisa Membuat Kulit Wajah Lebih Mulus?

Sebelum ada face scrub, acid toner, chemical peeling, cara paling mudah untuk mengeksfoliasi sel kulit mati adalah face shaving alias mencukur wajah! Memangnya ampuh, ya?

Praktik mencukur wajah ini bukan merupakan hal baru di dunia kecantikan. Konon para perempuan Jepang rutin mencukur wajahnya, bahkan sampai ada pisau cukur khusus untuk wajah yang dijual di berbagai macam drugstore. Gosipnya, banyak juga artis Hollywood yang melakukan cara ini untuk menjaga kulit mereka tetap mulus.

Well, the question is, does it really work? Dari blog yang saya baca sih, hasil yang langsung terasa adalah kulit memang jauh lebih lembut dan bebas dari bulu-bulu halus. Ini juga membuat penyerapan skincare lebih baik dan aplikasi makeup menjadi lebih mudah. Hmm, bikin penasaran kan?

woman-shave-face-pink-razor-stock-today-tease-150612_907eca268b184be22393a3459da640c8Satu hal yang harus diingat sebelum kamu mencoba face shaving adalah kondisi kulit. Kalau kulitmu sensitif, mungkin face shaving bisa jadi opsi kesekian untuk mengeksfoliasi kulit. Selain itu, pastikan kalau pisau cukur yang kamu gunakan bersih (jangan bekas dipakai di ketek, lho :D) dan cukup tajam sehingga kulitmu nggak berisiko terkena razor burn. Hati-hati juga untuk nggak melakukan face shaving di saat kulit sedang breakout atau iritasi, karena kondisi kulit bisa jauh lebih parah.

Disarankan untuk mencoba face shaving pada kulit yang sedang dalam keadaan lembap dan tetap gunakan shaving cream atau gel. Gerakan mencukurnya harus sesuai dengan arah tumbuh rambut untuk menghindari ingrown hair, dan jangan lupa siapkan soothing mist atau calming toner juga untuk dipakai setelahnya.

Gimana menurut kamu? Patut dicoba nggak, face shaving? Or we should just stick to acid and scrubs?