5 Cara Membersihkan Komedo

Komedo adalah masalah klasik yang dialami hampir semua orang. Blackheads dan whiteheads, kalau nggak rajin dibersihkan, bisa membuat tekstur kulit terlihat nggak rata dan memicu jerawat!

Ada banyak banget cara membersihkan komedo, tapi lima metode inilah yang paling sering saya dengar ampuh untuk mengangkat komedo secara maksimal.SAMSUNG CAMERA PICTURES

1. Mud/clay mask

Peel-off mask berbahan dasar mud atau clay banyak digunakan untuk membersihkan komedo karena fungsinya yang deep cleansing dan membantu merapatkan pori-pori. Tekstur mud mask ini mengering di wajah dan ampuh mengangkat minyak dan kotoran yang menumpuk. Beberapa masker yang jadi favorit FD members adalah Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask dan Kiehl’s Rare Earth Deep Pore Cleansing Masque, dan The Face Shop Blackhead Out White Clay Nose Pack.

2. Acid toner

Acid toner, selain bisa mengangkat sel kulit mati yang menumpuk, juga bisa membersihkan pori-pori dari blackheads maupun whiteheads. Berdasarkan pengalaman pribadi saya, toner yang mengandung BHA (salicylic acid) ampuh banget untuk menghilangkan komedo di hidung. Sama seperti saya, Netta pun setuju kalau BHA toner itu jago banget membersihkan komedo. Produk andalan Netta adalah COSRX Natural BHA Skin Returning A-Sol, yang sempat booming di anak-anak FD.

Untuk rekomendasi acid toner yang bagus, kamu bisa langsung nonton video Skincare 101: Recommended Exfoliating Toner.

3. Physical exfoliator

Sama seperti acid toner, fungsi physical exfoliator adalah mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori. Bedanya, physical exfoliator seperti butiran scrub yang pemakaiannya adalah digosok langsung ke kulit. Disebut physical karena kita “menggerus” sendiri sel kulit mati dengan butiran tersebut tanpa bantuan bahan kimia seperti AHA atau BHA.

Sekarang ini, saya lagi suka pakai cleanser Herbalism dari LUSH. Bentuknya seperti adonan yang mirip Play-Doh saat sudah kering (deskripsi macam apa ini? :D) tapi fungsinya kurang lebih seperti scrub yang bisa membersihkan sel kulit mati dan membuat kulit terasa halus. Beneran lho, halusnya langsung terasa bahkan setelah sekali pemakaian. Bonus points: pori-pori pun ikutan bersih.

4. Nose strip

SAMSUNG CAMERA PICTURESJujur, dari pengalaman saya mencoba nose strips, belum ada yang betul-betul bisa mengangkat seluruh komedo secara efektif. Kotoran-kotoran di sekitar hidung lumayan terangkat, sih, namun nggak terlalu manjur untuk blackhead yang bandel. Belakangan ini sih, produk nose strip yang lagi banyak dicoba orang-orang (dan Youtubers) adalah 3-steps blackhead remover, yang bentuknya pun bermacam-macam.

Menurut saya pribadi sih, nose strips dengan tiga langkah ini efeknya nggak begitu jauh dengan nose strips biasa. Ada yang memang daya mengangkat kotorannya lebih baik, tetapi nggak ada yang betul-betul “wah” sampai harus repurchase berkali-kali. Kalian sendiri, ada yang sudah pernah coba 3-steps nose strips ini?

5. Facial

blackhead toolUgh… I hate facials :( Saya ini culun banget kalau urusan ekstraksi komedo manual menggunakan alat, karena bagi saya ekstraksi manual itu sakit banget dan nggak jarang saya sampai nangis :D Hehehe, lebay, ya? Mendingan jerawatnya disuntik deh, daripada harus ngeluarin komedo pakai alat.

Tapi rasa sakit ekstraksi manual ini tentu ada hasilnya, karena kamu pasti akan keluar dari ruangan facial dengan kulit halus dan bebas komedo. Apalagi kalau facialnya juga ditambah treatment lain seperti masker, mikrodermabrasi, IPL, dan lain-lain.

Kalau kamu memang ada budget untuk rutin pergi ke salon atau beauty clinic untuk membersihkan komedo (dan melakukan skin treatment lainnya) then good for you! Pastikan beauty clinic yang kamu kunjungi terpercaya dan higienis merawat alat-alatnya, ya.

Nah, kalau saya memilih cara nomor tiga untuk membersihkan komedo, kamu pilih yang mana? Ada nggak di antara lima cara ini yang paling ampuh di kulit kamu? Silakan share di bawah, ya!