Cari Pelembap Kulit Alami? Coba Hydrosol

Punya kulit berminyak, atau pelembap biasa cenderung bikin clogging di kulitmu? Coba hydrosol untuk menghidrasi kulit. Selain alami dan kaya manfaat, bisa kamu bikin sendiri juga!

Pertama kali mengenal hydrosol adalah saat saya “main” ke website brand skincare alami, Garden of Wisdom, lewat lapak Elea FD. Waktu itu saya lagi cari produk yang bisa melembapkan kulit dengan ringan, untuk teman tretinoin saya. Selain hyaluronic acid gel, hydrosol jadi salah satu produk yang saya lirik.

Apa sih hydrosol itu? Hydrosol, dikenal juga dengan nama hydrolate, floral water atau distillates, adalah air hasil proses steam tumbuhan yang memiliki berbagai manfaat. Proses steam ini juga merupakan cara pembuatan essential oil, namun konten endapan minyaknya dibuang jika yang dituju adalah membuat hydrosol. Manfaatnya masih ada kok, namun jauh lebih ringan dan gentle.

hydrosol-pelembap-2Proses pembuatan DIY hydrosol

(Image: xovain.com)

Perbedaan hydrosol dari produk skincare yang biasa dipasarkan sebagai “natural toner” adalah prosesnya. Toner-toner dan face mist biasanya merupakan air dicampur essential oil . Sedangkan, hydrosol murni merupakan hasil steam. Hydrosol kira-kira mengambil 0,2% essential oil dari proses steam yang sama. That’s why, hydrosol tepat banget buat kamu yang enggak suka tekstur krim atau lotion tradisional, atau kalau kulit kamu gampang clogging dengan pelembap biasa.

Jenis hydrosol yang paling populer dan banyak diketahui orang adalah air mawar. Padahal, hampir semua tumbuhan, bahkan buah, sayur sampai rempah yang punya manfaat untuk kulit, bisa menjadi bahan hydrosol lho. Kamu bisa lihat berbagai jenis hydrosol dan manfaatnya di sini. Oh ya, hydrosol ini juga baik bagi kulit karena tingkat pH nya yang rendah baik untuk menjaga acid mantle kulit.

hydrosol-pelembap-review

Walaupun ringan, bukan berarti semua jenis kulit bablas bisa pakai hydrosol. Ya, seperti semua skincare lain, tetap-cocok-cocokan. Kalau kamu punya kulit yang biasanya enggak cocok dengan ekstrak tumbuhan, enzyme buah atau bahan botanikal lainnya, bisa jadi kamu juga enggak cocok dengan hydrosol.

Pure hydrosol bisa kamu dapat dari brand-brand organik macam Garden of Wisdom dan Mountain Rose Herb, atau yang lebih mudah didapat dari seller lokal seperti Elea FD dan Organic Supply Co. Resep DIY hydrosol juga bisa kamu temukan dengan mudah dari googling. Ada yang sudah pernah coba hydrosol, anyone?