Mengatasi Ketombe Dengan Mouthwash, Ampuh atau Tidak?

Sekarang ini, banyak sekali beauty hacks unik yang bisa dilakukan di rumah. Mulai dari tepung jagung sebagai bedak, cuka apel sebagai toner, hingga bawang putih untuk menguatkan kuku. Kali ini, ada satu beauty hack untuk rambut yang bisa kamu coba.

Salah satu masalah rambut yang paling banyak dialami orang-orang adalah ketombe. Meskipun ketombe terjadinya di kulit kepala, bukan rambut, tetapi sel kulit mati yang mengelupas berlebihan dan menumpuk di akar-akar rambut cukup mengganggu dan salah-salah bisa disangka kutu! Belum lagi kalau kita memakai baju hitam, siap-siap saja tengsin karena tumpukan ketombe yang jatuh di bahu.

Mengatasi Ketombe Dengan Mouthwash, Ampuh atau Tidak?Kemarin, saya menemukan satu trik unik yang dilakukan vlogger Farah Dhukhai untuk mengatasi ketombe. Menggunakan mouthwash! Ya, mouthwash yang biasa jadi sahabat kita ketika bulan puasa itu. :D Berdasarkan eksperimen Dhukhai, menyemprotkan mouthwash yang sudah dicampur dengan air ke kulit kepala dapat mengurangi ketombe karena mouthwash memiliki fungsi anti-bacterial dan anti-inflammatory.

Berhubung ketombe terbentuk karena ada infeksi bakteri yang bernama propionibacterium, mouthwash dinilai cukup efektif dalam mengurangi bakteri, sama seperti bakteri yang ada pada mulut kita. Cara aplikasinya adalah dengan menyemprotkan mouthwash setelah shampooing dan biarkan tanpa dibilas.

Meskipun beauty hack ini terlihat harmless, tapi sebetulnya kurang direkomendasikan untuk kamu yang memiliki kulit kepala sensitif. Nggak hanya bisa menimbulkan iritasi, tapi efek dingin dan minty yang dirasakan di kulit kepala juga rentan membuat rambut menjadi gatal.

Biarpun begitu, menurut saya ini trik yang lumayan patut untuk dicoba (kalau memang kulit kepalamu nggak sensitif, ya). Meskipun sehari-hari saya nggak bermasalah dengan ketombe, tapi kalau nggak cocok pakai shampoo tertentu, salah satu tandanya adalah muncul ketombe! :(

Kamu sendiri gimana? Tertarik nggak, mencoba beauty hack ini?

Jangan lupa baca dan tulis review dari ribuan produk makeup di femaledaily.com. Daftarkan diri kamu di sini ya.