Memakai Bedak Bayi untuk Mengatasi Rambut Lepek, Amankah?

Sering memakai bedak bayi untuk mengatasi rambut lepek atau sebagai pengganti dry shampoo? Amankah? Coba baca dulu artikel yang satu ini.

Pasti kita semua senang kan mencium aroma bedak bayi atau baby powder. Aromanya yang lembut dan teksturnya yang halus membuat banyak di antara kita, saya yakin hingga kini masih sering memakainya. Namun, baru-baru ini terdengar sebuah berita bahwa produk baby powder Johnson & Johnson sedang menghadapi tuntutan membayar ganti rugi sebesar 72 juta dollar di Missouri, Amerika Serikat karena telah mengakibatkan kematian seorang perempuan lantaran kanker leher rahim.

Keluarga perempuan ini menyatakan bahwa ada hubungan antara penyakit mematikan yang telah merenggut nyawa Jacqueline Fox, 62 tahun dengan kebiasaannya memakai bedak bayi Johnson & Johnson dan salah satu produk pembersih kewanitaan Shower to Shower yang berbasis talk, sepanjang 35 tahun masa hidupnya.

johnson's baby powder

Menurut berita yang dilansir NBC News, ada ratusan kasus serupa yang masih di-pending. Dan hingga saat ini, kasus pertarungan hukum antara pengacara Johnson & Johnson serta keluarga Fox juga belum selesai. Sementara itu, menurut pernyataan yang dikeluarkan American Cancer Society, tidak ada bukti ilmiah bahwa pemakaian bedak talk dapat memicu risiko terkena kanker leher rahim. Dan memang selama ini, para ahli telah menyarankan agar kita tidak memakai bedak talk secara berlebihan.

Kasus ini hingga sekarang masih bergulir di meja pengadilan Amerika Serikat sana. Namun, kasus ini terasa dekat dengan keseharian saya dan membuat saya jadi kaget juga saat membaca berita ini. Mengapa? Karena saya boleh dibilang termasuk pecinta bedak bayi lho! Ya, sejak kecil hingga saat ini, saya termasuk sering memakai bedak bayi. Duh, apalagi zaman saya bayi dulu ya, ibu pasti selalu membalurkan bedak talk (apapun merk-nya) kepada anak-anaknya, untuk mengatasi biang keringat maupun ruam popok.

baby powder as dry shampoo

Lalu, sekarang ini, saya juga masih memakai bedak bayi untuk mengatasi rambut lepek. Pernah dong mendengar tips mudah mengatasi rambut lepek atau rambut berminyak dengan menaburkan sejumlah bedak talk atau bedak bayi di kulit kepala? Selain harga baby powder  jauh lebih murah ketimbang dry shampoo, saya juga merasakan produk bedak talk ini efektif menyerap minyak berlebih di kulit kepala, terutama ketika kulit kepala dalam kondisi berkeringat banyak. Banyak di antara teman-teman saya, para beauty editors juga setuju menganggap trik ini ampuh mengatasi problema kulit kepala berminyak, lho! Kamu juga sering melakukan trik ini, FD-ers? Tapi tampaknya dengan adanya kasus ini, saya jadi harus berpikir ulang nih!

Saya juga teringat, ketika anak pertama saya masih bayi dulu, hmm…itu berarti sudah sekitar 17 tahun lalu, dokter anak langganan saya juga sudah mengingatkan agar jangan memakaikan bedak bayi di seputar organ kelamin, maupun dekat dengan indra penciumannya. Saya ingat beliau menasihati, “Jangan memakaikan bedak bayi dengan powder puff besar, lalu menepuk-nepuknya sehingga partikel bedak beterbangan!” Concern-nya adalah, partikel bedak talk bila terhirup terus-menerus bisa mengakibatkan beragam gangguan pernapasan dari yang ringan hingga kasus fatal, antara lain pneumonia. Hmm, tampaknya jika kamu ingin tetap memakai bedak bayi sebagai dry shampoo, jangan berlebihan. Dan, pastikan ketika kamu menaburkan baby powder tersebut di kulit kepala, jangan sampai ada partikel bedak bayi yang terhirup.

Saya yakin produk bedak talk yang beredar saat ini di pasaran, tentu telah melalui uji laboratorium kesehatan yang lebih baik dibanding sepuluh atau dua puluh tahun lalu, ketika Jaqueline Fox pertama kali memakainya. Johnson & Johnson tentu saat ini juga telah memperhitungkan faktor keamanan pada setiap produknya. “Talk yang dipakai di dalam semua produk kami telah melalui proses uji kualitas, keamanan yang sangat ketat dan berstandar internasional,” ujar Carol Goodrich, juru bicara Johnson & Johnson di Amerika Serikat.

Tapi toh nggak ada salahnya, mulai sekarang saya akan lebih waspada dalam pemakaian bedak talk. Kebiasaan apa yang akan saya ubah? Rencana saya: Mulai sekarang, memakai salah satu dry shampoo ini sebagai solusi jitu rambut lepek dan rambut berminyak (karena bisa langsung mengenai kulit kepala dan saat dipakai tidak berhamburan kemana-mana). Selain itu, juga tidak memakai bedak talk berlebihan agar tidak sampai terhirup, dan juga tidak memakainya lagi di seputar organ kewanitaan.

Bagaimana reaksimu dengan berita ini? Apakah juga akan membatasi pemakaian bedak bayi?