Gaya Makeup Korea Vs Barat Menurut MUA

Browsing YouTube kemarin, something caught my eye. Ada video baru yang di-upload oleh MUA/ YouTuber/ awesomeness idola saya, Lisa Eldridge. Di video tersebut, Lisa menunjukkan dua tutorial gaya makeup yang populer di Asia Timur Vs Barat. Kepikiran aja ya?

As always, seperti video-video Lisa Eldridge lainnya, kita bisa lihat dengan jelas beragam produk yang dipakai, dan banyak banget insight dunia beauty lainnya berkat pengalaman profesional Lisa sebagai makeup artist sekaligus creative director berbagai brand kecantikan besar.

She has helped Boots, dan di video ini Lisa menunjukkan pemahamannya selama menjadi creative director untuk Shiseido di awal 2000-an, dan sekarang bersama Lancome. I never thought, seorang Lisa Eldridge bakal aware dengan hal macam trend kantung mata yang dianggap cute di Korea! More reason to love her.

Yuk, tonton dulu video nya.

Saya jadi ingat obrolan saya dengan MUA Estee Lauder asal Taiwan, Justin Lien, yang kurang lebih punya pemahaman sama. Saat saya tanya soal gaya makeup yang trend di Asia, Justin terlihat mikir sebentar, lalu menjawab,“Cewek-cewek di Hong Kong, Taiwan dan Korea lebih mengikuti trend makeup ala Korea ya, seperti cewek-cewek ulzzang. Sedangkan Indonesia dan Singapura lebih ke arah trend makeup Barat.” (baca obrolan lengkap saya dengan Justin di sini).

Setuju banget, sih. Setuju enggak kalau gaya makeup cewek di Indonesia lebih mirip tutorial gaya Barat Lisa? :D Begitu juga dengan  hasil makeup MUA lokal sekarang, yang mayoritas melakukan strong brows, contouring dan bibir full coverage saat ini. Pretty much trend yang dimulai di Barat. Kalau kamu sendiri, lebih suka gaya makeup mana? Mengevaluasi diri sendiri, kayaknya saya lebih ke arah makeup Asia deh (with my daily ombre/ glossy lips, dan fakta bahwa saya enggak terlalu ngefans sama contouring).

Enggak ada yang salah kok, soal gaya makeup mana yang kita pilih. Intinya, harus bijak saja dalam mengikuti trend. Seperti yang Lisa bilang di videonya, dia merasa agak enggak nyaman dengan bibir ombre ala gaya makeup Korea, karena bibirnya tipis, dan gaya ombre bisa membuat bibir terlihat lebih tipis lagi. Lisa juga agak  risih dengan pengikut gaya makeup Barat yang suka lebay dalam memakai highlighter. In the end, saya suka banget dengan kalimat Lisa di akhir.

Makeup becomes only dangerous when there’s one style and we all have to conform to that one style.