3 Jenis Sayur dan Buah yang Wajib Dimakan untuk Kulit Bersih

Sudah tahu belum, kalau sayur dan buah warna-warni yang sering kita konsumsi memiliki manfaat yang berbeda-beda untuk kulit?

Semua jenis buah dan sayur memiliki pigmen warna yang bermacam-macam. Ada yang merah, kuning, oranye, hijau, juga biru atau ungu. Nah, berbeda warnanya ternyata beda juga manfaatnya untuk kulit.

4 Sayur dan Buah yang Wajib Dimakan untuk Kulit Bersih1. Merah – semangka, tomat, jambu klutuk, stroberi

Sayur dan buah yang berwarna merah terkenal akan kandungan lycopene, antioksidan kuat yang terkenal bisa mencegah munculnya penuaan dini. Zat antioksidan ini juga menjadi perangsang kolagen dan tumbuhnya sel kulit baru yang menggantikan sel kulit mati.

2. Kuning atau oranye (wortel, ubi, mangga, labu, jeruk)

Sayur-sayuran berwarna oranye kaya akan beta-karoten yang bisa menjadi penangkal radikal bebas dan membantu meminimalisir kerusakan di kulit akibat sinar UV. Selain itu, beta-karoten juga merupakan penghasil vitamin A yang merupakan asupan dari retinol, kandungan anti-ageing yang sering kita temui pada produk-produk skincare. Buah-buahan seperti jeruk atau lemon pun kaya akan Vitamin C yang bisa mencerahkan kulit dan memperbaiki teksturnya.

3. Hijau (bayam, brokoli, asparagus, alpukat)

Semakin gelap warna hijaunya, maka semakin banyak manfaatnya. Sayuran hijau banyak yang mengandung potassium, pelembab alami yang menghidrasi kulit dari dalam, Vitamin K yang membantu meningkatkan elastisitas kulit, serta folic acid yang menghilangkan racun dan bekerja sebagai antioksidan. Ada juga manfaat dari lutein yang menjaga kandungan minyak di kulit supaya terhindar dari dehidrasi.

Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi kacang atau biji-bijian. Kacang almond, chia seeds, sunflower seed, walnut, semuanya memiliki omega 3 dan bisa menyeimbangkan gula darah sehingga jerawat lebih terkontrol. Kandungan lainnya yang baik bagi kulit adalah zat besi dan fiber yang bisa mengurangi kerutan halus.