5 Trik Mudah untuk Tidur Lebih Nyenyak

Tidur yang cukup selalu menjadi saran nomor satu dalam hal kesehatan. Kalau pola tidur kita tidak baik, tanda-tandanya akan langsung terlihat di kulit, mata, juga kondisi tubuh secara keseluruhan.

Waktu ideal bagi seseorang untuk tidur adalah tujuh hingga delapan jam setiap hari. Sebagian orang memiliki privilege untuk melakukannya, sebagian ada yang berusaha mencobanya, sebagian ada juga yang benar-benar tidak sempat.

Sekarang ini, waktu tidur kita tidak cuma diganggu oleh banyaknya kegiatan yang harus dikerjakan di rumah ataupun di kantor. Ketergantungan kita pada smartphone juga sering membuat kita menunda waktu tidur. Hayo, berapa banyak di sini yang sebelum tidur kepo-in online shop di Instagram atau nontonin Snapchat? :D

Semua kembali pada seberapa berkualitas tidurmu di malam hari. Para ahli mengatakan bahwa kualitas tidur tidak hanya bergantung pada berapa jam waktu tidur, tetapi juga pada konsistensi dan apa yang kita rasakan ketika bangun keesokan harinya.

5 Trik Mudah untuk Tidur Lebih Nyenyak

Ada banyak cara untuk membuat tidur lebih nyenyak dan berkualitas. Berikut ini adalah tips yang paling mudah:

1. Pasang alarm untuk tidur

Yes, set an alarm for you to go to sleep. Selain untuk mencegah kamu main smartphone terlalu lama, alarm juga membuat pola tidur kita semakin teratur jika diikuti dengan benar. Usahakan untuk tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari agar tubuhmu terbiasa mengikuti pola tidur yang sudah kamu buat. Badan pasti jauh lebih enak!

2. Pakai kaus kaki

Ini adalah salah satu trik yang selalu dilakukan nenek saya di rumah. :D Kaus kaki yang tebal akan menghangatkan kaki dan membuat kakimu terasa seperti “dipeluk”. Penelitian juga membuktikan kalau memakai kaus kaki ketika tidur dalam ruangan ber-AC bisa membuat kantuk datang lebih cepat.

3. Matikan lampu satu jam sebelum tidur

Kalau kamu tidak suka kamar yang gelap gulita, kamu bisa menyalakan lampu kecil yang cahayanya agak redup. Cahaya yang terlalu terang, entah itu dari lampu, layar laptop, atau TV yang menyala, membuat otak kita menjadi selalu awas dan susah rileks. Jangan matikan lampu dan TV beberapa menit sebelum tidur dan lakukan beberapa jam sebelumnya.

4. Lakukan stretching ringan di tempat tidur

Regangkan otot-otot di seluruh tubuh dan mulailah dari jari-jari kaki. Daerah leher dan tengkuk juga biasanya merupakan area yang paling intens, karena itu coba pijat perlahan hingga naik sampai ke ubun-ubun. Ini membantu agar ototmu lebih rileks dan tidur juga lebih nyaman.

5. Hindari makan terlalu berat sebelum tidur

Tubuh kita tidak dikondisikan untuk mencerna makanan secara aktif saat kita tidur. Mulailah makan malam sekitar dua atau tiga jam sebelum tidur agar tubuh kita bisa berkonsentrasi untuk istirahat total di malam hari. Kalau malam hari masih lapar, jangan langsung jajan nasi goreng tek-tek lalu setelahnya langsung dibawa tidur, ya!