Tips Jitu Merencanakan Pernikahan di Luar Kota

Banyak alasan yang membuat calon pengantin memilih merencanakan pernikahan di luar kota. Memilih kota asal kelahiran atau telah memiliki lokasi pernikahan impian. Siasati perencanaan pernikahan dengan lebih cermat, agar pernikahan impian kamu bisa segera terwujud 

  1. Surat Pernikahan

Ketika memutuskan untuk menikah di luar kota, banyak hal yang harus dipersiapkan. Selain elemen upacara pernikahan dan resepsi, masalah administrasi jangan sampai tertinggal. Pastikan kamu telah memiliki informasi yang cukup akan surat- surat yang diperlukan sebagai syarat pencatatan pernikahan. Jika menggunakan KUA, sebaiknya hubungi terlebih dahulu KUA di daerah tinggalmu untuk meminta surat rekomendasi bagi KUA di kota yang dituju.

  1. Gaun Pengantin

Saat memilih gaun pengantin, pertimbangkan waktu dan keadaan cuaca yang mungkin terjadi di hari pernikahanmu. Jika kamu akan menyelenggarakan acara di tepi pantai, mengenakan gaun menjuntai dengan mahkota yang berat di kepala tentu akan membatasi ruang gerakmu. Sebaliknya jika cuaca dingin, material tipis seperti lace, akan membuat kamu tersiksa karena kedinginan.

ThinkstockPhotos-179848672Foto /Thinkstock
  1. Transportasi

Jika kamu berencana menanggung seluruh biaya akomodasi keluarga dan tamu yang akan hadir, jangan sungkan untuk mencari informasi sebanyak mungkin mengenai paket group travelling. Cara ini pasti akan membuat budget kamu lebih hemat. Pastikan informasi yang tertera di dalam undangan pernikahan juga tertera dengan jelas dan diterima oleh para tamu beberapa bulan sebelumnya. Para tamu pasti akan membutuhkan waktu persiapan yang cukup agar dapat menghadiri pernikahan di luar kota.

  1. Survei

Sebelum melakukan survei lokasi di luar kota, sebaiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu pilihan tempat pesta pernikahan yang tersedia. Kumpulkan data sebanyak-banyaknya dan kamu bisa menelpon vendor yang bersangkutan untuk menanyakan ketersediaan waktu dan biaya yang dibutuhkan. Jika sudah memiliki beberapa opsi, maka saatnya untuk mendatangi lokasi tersebut untuk memastikan pilihan dan melakukan seleksi.

  1. Bantuan Profesional

Bantuan dari wedding planner profesional akan menjadi pilihan yang tepat. Selain itu, sebelum kamu menjalin kerja sama dengan para vendor pernikahan, pastikan kamu telah mengecek berbagai review dan portfolio agar tidak salah pilih. Hindari mengerjakan semuanya sendiri, serahkan pada ahlinya agar kamu tidak terjebak dengan stress yang berlebihan.