Masalah Pori-Pori Besar: Yang Perlu Kamu Ketahui

Sebuah penelitian oleh L’Oreal Paris 2014 lalu menunjukkan bahwa perempuan lebih takut dengan masalah pori-pori besar ketimbang keriput. Who else agrees?

cara-mengecilkan-pori-pori-besar-1

 Foto: guelphlaser.ca

Pori-pori besar memang membuat wajah terlihat kurang mulus; walaupun kamu belum punya masalah dengan kerutan wajah, ataupun bebas jerawat, misalnya. Masalah kulit yang satu ini cukup mengganggu sampai bisa membuat sejumlah perempuan galau; filter Instagram mana yang bisa bikin kulit muka lebih mulus, as in, poreless? :D Oh yes, I’ve been there. Masalah pori-pori besar pun makin menjadi saat diikuti dengan “pasangannya”, yaitu komedo atau whiteheads.

Banyak produk diluar sana menjanjikan pori-pori yang lebih kecil. But can a pore really get smaller? How do they even get insanely, unattractively, bigger at the first place? Well ladies, berikut fakta-fakta tentang pori-pori besar yang perlu kamu ketahui.

The Pore Facts

  • Apa sih pori-pori itu? Pori-pori adalah tempat tumbuhnya folikel rambut. Pada wajah, pori-pori juga merupakan “jalan keluar” bagi minyak alami tubuh yang dapat melembabkan kulit.

 

  • Pada manusia dewasa, ada lima juta pori-pori yang terdapat di seluruh tubuh. 20.000 di antaranya terdapat di wajah.

 

  • In most cases, pori-pori besar disebabkan oleh faktor genetis. So, sorry! Kalau ini jadi penyebab pori-porimu terlihat besar, agak susah nih untuk diakalin.

Penyebab pori-pori membesar>>