“Made in Indonesia”, Gerakan Cinta Produk Fashion Indonesia

Made in Indonesia, gerakan untuk mencintai produk fashion Indonesia telah digelar. Temukan di sini, beragam busana cantik yang bisa kamu pilih dan kenakan. 

IMG_3329 (2) (Medium)

Presentasi Made in Indonesia dari desainer dan label Indonesia

Membuat orang Indonesia mencintai dan bangga dengan produk karya anak bangsa sendiri, jelas bukan hasil dari kerja singkat atau himbauan beberapa saat. Walaupun industri mode Indonesia sudah menggeliat sejak satu dekade ini, tetapi menggeser mindset banyak orang memang tidak mudah. Perlu gerakan konsisten, bertahun-tahun dan bahkan terus menerus untuk pelan-pelan membuat orang Indonesia mencintai produk mode dalam negeri, dan tidak menganggap produk impor serba superior dibanding buatan anak negeri.

Dan desainer tampaknya sadar bahwa mereka bagian dari pihak-pihak terdepan yang harus bersusah payah terus menyuarakan hal ini. Para desainer yang tergabung dalam organisasi, selalu membuat upaya dan cara yang kreatif, inovatif dan jauh dari cara-cara formal untuk membuat masyarakat lebih melihat, dan kemudian secara instingtif lebih bangga menggunakan produk lokal.

Pesan kuat ini tersampaikan pada acara tahunan Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI), yaitu IPMI Trend Show 2016 yang berlangsung awal Desember lalu. IPMI yang merupakan organisasi mode pertama di Indonesia secara konsisten selalu memaparkan trend forecast tahunan dalam event ini. Beberapa desainer yang tergabung dalam IPMI akan dipilih untuk mempresentasikan karya terbaik mereka pada acara ini.

MadeInIndonesia16 (1 of 1) (Medium)

Kali ini IPMI membuat sebuah presentasi khusus bertajuk ‘Made in Indonesia‘, yang menjadi pembuka IPMI Trend Show 2016. Presentasi kreatif ini didesain untuk mengusung misi di atas, untuk mengajak semua orang Indonesia lebih mencintai dan menggunakan fashion Indonesia.

Dalam show ‘Made in Indonesia’ ini, serangkaian desainer anggota IPMI dan juga beberapa label yang bernaung dibawah desainer non-anggota IPMI bergabung untuk memperlihatkan sebuah gerakan kesadaran masyarakat mode Indonesia, para perancang busana, konsumen dan juga para pecinta mode. ‘Made in Indonesia’ menjadi sebuah persembahan dari para pelaku industri kreatif untuk menunjukkan a stamp of quality dari tangan-tangan orang Indonesia untuk memperlihatkan sebuah identitas yang menyatukan keragaman dan kemajemukan talenta.

made3

karya Norma Hauri dan Sejauh Mata Memandang

made4

Andien dengan busana karya Didi Budiardjo (kiri), busana Danny Satriadi (kanan)

made3Dalam praktiknya, gerakan ini menjadi komitmen bagi semua desainer dan brand tersebut untuk menambahkan label/tag bertuliskan ‘Made in Indonesia’ pada semua produk desainnya. Ini juga menjadi pelecut bagi para desainer dan brand, untuk selalu memperhatikan dan mengedepankan kualitas produk, sehingga masyarakat Indonesia bangga setelah membeli dan memakai fashion berlabel Made in Indonesia tersebut. Jadi next time anda membeli baju desainer atau brand Indonesia, temukan label ‘Made in Indonesia’ ini ya.

made5

Bagi saya dan banyak pecinta mode Indonesia, mencintai dan bangga memakai produk Indonesia tentu sudah menjadi komitmen dan kesadaran pribadi, dan menjadi syarat untuk mewujudkan Indonesia yang maju dan bermartabat. Gerakan inspiratif dan kreatif semacam ini menjadi reminder atau pengingat, sekaligus membuat kita secara proaktif menjadi stakeholder dan menjadi bagian untuk menyuarakannya kepada masyarakat luas. Anda juga ikut kan?