4 Vitamin Penting untuk Kulit

Vitamin memang bagus untuk tubuh kita dan memberikan berbagai macam manfaat positif. Tapi, tahukah kalian bahwa vitamin yang digunakan secara topikal pun dapat memberikan manfaat positif untuk kulit? Apa sajakah vitamin tersebut? Simak, yuk, artikel saya berikut ini.

1. Vitamin A

Atau lebih dikenal sebagai Retinol adalah the powerhouse when it comes to anti-aging ingredient. Salah satu keunggulan Retinol adalah dapat membantuk produksi kolagen, di mana seiring dengan bertambahnya usia sel kulit, kita tidak memproduksi kolagen sebanyak dulu lagi. Sedangkan kolagen inilah yang membuat kulit tampak kenyal dan muda. Selain itu penggunaan retinol dapat membuat kulit terlihat lebih cerah dan halus sehingga, lagi-lagi, terlihat lebih muda.

Retinol juga membantu sel-sel kulit kita untuk berkomunikasi satu sama lain sehingga kulit bisa ngobrol satu sama lain kalau sedang ada ‘masalah’. Kandungan ini juga membantu cell-turnover, dengan terangkatnya sel kulit mati maka sel kulit yang masih sehat akan tersibak dan kulit terlihat lebih segar dan cerah. But it’s not the only ingredient you need! Selain itu, tidak disarankan untuk memakai kandungan vitamin A terlalu dini. Maybe 30-ish? Atau jika kalian sudah merasa kulit mengalami tanda-tanda penuaan dini.

2. Vitamin B

Atau banyak juga dikenal sebagai Niacinamide, atau nicotinamide, adalah komponen aktif vitamin B3. Niacinamide ada kandungan yang juga membantu komunikasi antar sel dan juga didapati dapat meningkatkan kandungan ceramide dan fatty acid. Di negara barat kandungan ini banyak dikenal sebagai kandungan anti-aging karena juga dapat mempertahankan kulit dari kehilangan cairan sehingga kulit terjaga kekenyalannya. Sedangkan di Asia, kandungan ini bisa dibilang single-handedly promote a healthier, glowing and more radiance skin tone. Tabu kayaknya kalau ada produk perawatan Asia yang tidak ada kandungan Niacinamide-nya.

vitamin-c-glow-boosting-moisturiser_l

3. Vitamin C

Kandungan yang banyak sekali ulasan positifnya dan sangat disarankan untuk ditambahkan ke dalam rutinitas perawatan wajah. Salah satu kandungan yang dapat membantu untuk mencerahkan wajah, membantu mengurangi bintik hitam di wajah serta membantu produksi kolagen. Dalam jumlah sedikit pun, produk ini didapati tetap memberikan hasil positif dan perubahan pada kulit seperti memperbaiki skin tone dan juga tekstur kulit. One ingredient that you might want to include in your skincare routine as early as possible.

4. Vitamin E

Atau banyak ditulis sebagai Tocopherol di daftar kandungan adalah antioksidan yang memberikan perlindungan kepada sel-sel kulit dari terjadinya kerukasan yang diakibatkan oleh radikal bebas dan juga mencegah kerusakan pada kolagen. Selain itu, dari pengalaman pribadi saya juga merasa produk dengan vitamin E terasa lebih baik dalam mempertahankan kelembapan pada kulit. Kandungan ini banyak disatukan dengan vitamin C karena kedua kandungan ini adalah pasangan yang cocok dalam merawat kulit.