2 Cara Tepat Mengolah Sayur Agar Nutrisinya Tetap Terjaga

Sayuran memang baik bagi kesehatan tubuh kita. Namun, dalam sayuran mentah juga terdapat banyak bakteri. Maka, cermati cara mengolahnya agar bakteri hilang sekaligus nutrisi tetap terjaga.

 

Sayuran selain kaya serat juga mengandung banyak nutrisi. Seperti misalnya, sayur bayam kaya akan zat besi, wortel mengandung banyak vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Saya sendiri termasuk penggemar sayur-mayur. Bagi saya, setiap hari wajib memasukkan aneka olahan sayur di dalam menu harian. Pokoknya, nggak lengkap rasanya bila makan tanpa sayur.

Kandungan serat di dalam sayur bisa membantu melancarkan sistem pencernaan sehingga kita terhindar dari sembelit atau susah buang air besar. Dan saya pernah membaca sebuah artikel bahwa bila kita setiap hari bisa BAB teratur, maka juga berefek pada kesehatan dan kehalusan kulit wajah lho!

Nah, berikut ini ada 2 hal yang wajib kita perhatikan saat mengolah sayur agar nutrisinya yang baik tetap terjaga.

1. Hal pertama adalah cara membersihkannya. Aneka sayuran seharusnya dicuci dengan air mengalir guna membersihkan kotoran. Namun ternyata hal itu masih belum cukup.

Pasalnya sayuran seringkali dihinggapi ulat kecil yang tersembunyi di sela-sela sayuran. Bahkan air mengalirpun tidak cukup untuk menyingkirkan ulat sayur ini.

Karenanya, menurut Chef Widhi Joestiarto, setelah sayurannya dicuci masih ada satu tahap lagi yang tak boleh tertinggal. Adalah merendamnya dengan air garam.

“Saat sayuran direndam dengan air garam. Nanti ulatnya akan keluar dan sayurannya jadi bersih bebas ulat,” ujar Chef Widhi kepada Okezone di restorannya Double U Steak di Bekasi, Jawa Barat.

Caranya pun mudah, sayuran hanya tinggal direndam beberapa saat di dalam air dengan campuran garam. Setelah dipastikan bersih, sayuran bisa dibilas dan diolah sesuai selera.

sayur

2. Hal kedua yang juga wajib kita perhatikan adalah teknik mengolah sayur agar nutrisi di dalamnya tetap terjaga. Selain dimakan mentah, lebih baik sayuran diolah dulu sebelum disantap. Namun, agar rasanya tetap lezat sayuran bisa dimasak dengan cara blanching.

“Proses blanching akan bikin sayuran jadi renyah,” masih kata Chef Widhi Joestiarto kepada Okezone.

Pemilik restoran ini menambahkan, proses blanching bisa dibilang cara mudah mengolah berbagai jenis sayuran. Pasalnya, sayuran hanya perlu dicelupkan beberapa saat ke air panas dan langsung dicelupkan ke air dingin.

“Kenapa harus air es, karena untuk menghentikan proses pematangan,” tambahnya.

Ketika proses pematangan dalam sayuran dihentikan lewat proses perendaman pada air dingin. Maka tekstur renyah sayuran akan terjaga dan akan terasa lebih nikmat bila disantap.

“Masak sayuran jangan overcooked,” tutup Chef Widhi.