4 Rahasia Presentasi Sukses

KATA-KATA bijak penulis asal Australia, Allan Pease perlu diingat nih: “Kamu tidak pernah mendapatkan kesempatan kedua, untuk itu buatlah kesan pertama yang hebat.”

Hal ini jadi prinsip penting sebelum kamu melakukan presentasi. Dalam dunia kerja kepada klien, maupun ke hadapan dosen di kelas kuliah. Siapapun kamu, performing your best is a must!

rahasia-sukses-presentasi

Insinyur asal Arab Saudi yang menjuarai kompetisi Public Speaking 2015 tingkat Internasional, Mohammed Qahtani, mengatakan, sangat penting memilih kata-kata yang tepat untuk disampaikan kepada pendengar saat presentasi. Berikut tips presentasi sukses darinya lebih lanjut.

Katakan pada diri sendiri, “Aku lebih baik”

Memang nggak mudah menghadapi audience saat bicara di depan umum. Tapi motivasi mampu membuat kamu menaklukkan tantangan. Hapus rasa takut atau minder. Ingat bahwa setelah presentasi kelar, ada nilai atau keuntungan besar menunggu kamu!

Indentifikasi gagasan utama

Ketika akan bicara di depan umum, pastikan kamu tahu gagasan utama yang akan disampaikan. Pilih kata-kata yang tegas dan impactful sehingga pesan yang ingin kamu sampaikan mudah diterima. Kalau message kamu ‘sampai’, presentasi sukses akan jadi milik kamu!

Gaya bicara meyakinkan

Sebenarnya tak hanya sekedar meyakinkan, tapi juga menginspirasi. Biarkan kata-kata yang keluar dari mulut kamu tulus dari hati. Sebab, presentasi bukan hanya menyampaikan, tapi harus membuat pendengar tergerak oleh kata-kata kamu.

Santai sedikit

Memulai presentasi dengan bercanda adalah cara menyiasati suasana agar lebih santai dan nggak tegang. Sebab, kalau terlalu serius, pendengar bakal bosan deh. Ambil saja contoh-contoh kecil yang dekat dengan keseharian audience kamu, lalu buat jadi candaan ringan di awal presentasi sebagai ice breaker.