5 Cemilan yang Baik untuk Jantung

“Wah, sudah sore. Ngemil enak nih.” Kalimat tersebut adalah kalimat yang sering terucap di kantor Female Daily. Tapi sudah benar dan sehatkah cemilan kami setiap sore itu?

Kalau sudah menjelang jam 4 sore perut sudah mulai lapar, dan mulut sudah mulai gatal mau mengunyah. Secara rutin, setiap sore perempuan di Female Daily pasti keluar kantor untuk  jajan makanan seperti bakso, mie ayam, batagor dan gorengan. Tentunya cemilan ini nggak sehat dan nggak baik juga bila dikonsumsi setiap hari.

Tapi yang namanya kalau sudah lapar, pasti akan membeli makanan apa saja yang sedang diinginkan, dan juga yang mudah untuk dibeli saat itu juga. Namun, mengingat kesehatan itu mahal, maka dalam artikel ini ada 5 cemilan yang sebenarnya baik untuk tubuh kita, khususnya jantung. Kira- kira apa saja cemilan tersebut? Sumber (Okezone.com)

Cemilan Sehat

 

Image Source

Cokelat hitam

Berbagai studi telah menemukan aneka manfaat baik dari bahan makanan yang terdiri dari 74 persen atau lebih kokoa ini untuk kesehatan kardiovaskular dibandingkan orang yang tidak mengonsumsinya.

Seperti studi yang dipublikasikan dalam Jurnal Circulation Heart Failure yang menemukan wanita yang mengonsumsi cokelat hitam dua kali seminggu bisa menurunkan risiko penyakit jantung hingga 32 persen.

Para peneliti mengungkapkan bahwa kandungan polifenol dan flavanol mengandung senyawa peradangan yang membantu melindungi jantung.

Edamame

Kacang yang cukup familiar ini mengandung magnesium, folat, dan kalium. Ketiga nutrisi ini membantu menurunkan tekanan darah dan juga mendukung kesehatan jantung.

Edamame juga mengandung serat yang membantu melindungi jantung dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk memproduksi resesor low-density lipoprotein (LDL), yang bertindak seperti penjaga untuk menarik kolesterol jahat dalam darah.

Tomat

Tomat merah kaya likopen, yaitu fitonutrien bersifat antioksidan yang jumlahnya bisa meningkat setelah dimasak. Kehadiran zat likopen ini ternyata bermanfaat meningkatkan pelebaran darah pada pasien penyakit kardiovaskular.

Kacang kenari

Kacang yang satu ini kaya antioksidan dan asam lemak omega 3 yang signifikan mengurangi risiko penyakit jantung. Dengan konsumsi satu ons kacang kenari lima kali dalam seminggu, dikatakan akan dapat membantu memangkas risiko penyakit jantung hingga 40 persen.

Kacang tanah rebus

Kacang tanah rebus mungkin adalah salah satu kudapan favorit Anda. Kabar baiknya, makanan ini mengandung resveratrol, fitonutrien baik untuk jantung yang juga ditemukan dalam anggur merah, lima kali lebih banyak daripada kacang saat mentah. Resveratol ini terdapat pada kulit ari kacang yang berwarna kemerahan saat direbus, yang biasanya kita buang ketika dimakan mentah.

Kacang rebus juga mengandung lebih sedikit kalori dan sedikit lemak daripada kacang saat mentah dan dipanggang kering. Kacang juga kaya serat dan lemak sehat yang bisa membantu melawan peradangan dan membantu pencernaan.