Tips Berlibur Asyik dengan Budget Hemat

Saat ini kita sudah menginjak bulan Desember. Itu berarti, musim liburan sudah semakin dekat. Nah, selain merencanakan waktu liburan yang tepat, satu hal penting lagi adalah menghitung budget. Inilah panduan berlibur asyik dengan budget hemat.

 

Setelah bekerja keras selama setahun, maka nggak ada salahnya kita menyediakan waktu untuk berlibur. Karena dengan lepas sejenak dari rutinitas, selain tubuh kita bisa relaksasi, pikiran pun bisa kembali “segar”. Sehingga nantinya, setelah pulang liburan, kita pun kembali semangat menghadapi tantangan hidup.

Maka biar liburan tahun ini bisa berjalan asyik, kita juga harus memperhitungkan budget nih! Nggak mau dong ya bila usai liburan, kita malah jadi pusing karena memikirkan tagihan kartu kredit yang membengkak atau sampai kehabisan uang cash!  Jadi bagaimana caranya agar kita liburan kita tetap berjalan asyik, seru tapi budget hemat? Simak di sini trik berhemat saat liburan, seperti dikutip dari Okezone.com.

 

  1. Ketahui biaya menarik uang dari ATM

Bila menggunakan ATM di luar negeri, banyak bank akan mengenakan biaya penarikan. Beberapa biaya tidak wajar, sehingga menambah beban pengeluaran ketika liburan. Jadi, sebelum liburan ke luar negeri, pastikan kita mengetahui secara persis seberapa banyak biaya yang dikenakan untuk setiap penarikan.

  1. Menggunakan kartu kredit

Ada banyak keuntungan liburan membawa kartu kredit, karena kita akan memiliki catatan semua pembelian. Keuntungan lain, kita bisa dengan mudah membeli tiket pesawat, menyewa mobil dan pemesanan secara online. Selain itu, kita pun menjadi tidak perlu membawa banyak uang tunai yang memperbesar risiko kecurian.

  1. Menggunakan uang tunai

Selain keuntungan, kartu kredit juga tentu mempunyai kekurangan. Karena, kartu kredit tidak bisa digunakan untuk semua transaksi, sehingga kita memerlukan uang tunai. Namun, kita jangan sembarangan menukar uang tunai dengan mata uang negara tempat kita liburan.

Sebaiknya, jangan menukar uang tunai di bandara, karena biasanya menawarkan harga yang mahal. Tetapi, kita bisa mencari bank lokal yang menawarkan harga lebih baik ketimbang di bandara.

  1. Buatlah perkiraan anggaran sebelum berangkat

Sangat mudah menghabiskan uang ketika liburan, terutama jika tidak membuat perkiraan anggaran. Jadi, sebelum pergi liburan, ada baiknya kita membuat perkiraan anggaran agar bisa mengontrol pengeluaran. Misalnya, perkirakan biaya makan sehari-hari, tranportasi, menginap dan lain-lain.