banner-detik

industry news

Mengintip Isi Pabrik L'Oreal Indonesia

seo-img-article

Skincare Area

Area pertama pabrik L’Oreal yang saya masuki adalah skincare area. Disinilah produk skincare dibuat dan dikemas. Saya sempat mengira bahwa area pabriknya akan sempit dan penuh asap, tipikal adegan pabrik di film-film. Ternyata area pabriknya bersih, terang dan dingin hehe.

isi-pabrik-kosmetik-loreal-indonesia

Disini, saya sempat melihat deretan tube L’oreal scrub untuk laki-laki yang siap dibungkus karton. Produk yang cacat langsung dipisahkan dan dikumpulkan di satu bak terpisah.

Haircare Area

isi-pabrik-loreal-indonesia

Tempat pembuatan produk rambut terlihat lebih luas karena lebih sedikit mesinnya. Bau ruangannya juga berbeda; bau wangi khas salon! Di tiang-tiang sekeliling ruangan, ada kode-kode seperti S6, T13. Tour guide menjelaskan bahwa huruf S berarti sachet, sedangkan T berarti tube. Jadi, area kerjanya dibagi berdasarkan kemasan produk. Senang deh bisa dapat insight baru begini!

Sludge Area

Keluar dari skincare dan haircare area, saya menyebrangi gudang pabrik lalu keluar menuju satu rumah kaca. Ini dia tempat pengolahan limbah menjadi pasir alias sludge area yang saya sebut tadi.

pabrik-loreal-indoesia-sludge-area-1

pabrik-loreal-indonesia-sludge-area-2

Limbah cair pabrik masuk ke sludge area ini melalui sebuah pipa, lalu dikeringkan dengan bantuan robot dan temperatur udara yang telah disesuaikan. I’m totally impressed with L’Oreal Indonesia’s green effort. Semoga lebih banyak lagi ya pabrik-pabrik kecantikan yang ramah lingkungan seperti ini, so the world can be as pretty as our makeup pouch! 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment