banner-detik

fitnfab

Sarapan Buah di Pagi Hari Lebih Sehat?

seo-img-article

kiwi gold

Salah satu buah yang disarankan oleh pakar gizi ini adalah buah kiwi. Mengapa? Buah kiwi mengandung vitamin C dan serat yang tinggi, antioksidan, mineral dan vitamin E serta berbagai nutrisi lainnya. Riset yang dilakukan oleh University of Otago menemukan bahwa mengonsumsi varian buah kiwi Gold sebanyak 2 buah perh hari dapat mengurangi mood yang buruk, mengurangi kelelahan dan depresi dan dapat meningkatkan semangat. Penelitian yang dibuat oleh Dr Anita C. Carr, dkk ini bertema Mood Improvement in Young Adult Males Following Supplementation with Gold Kiwifruit, a high-vitamin C food dalam Journal of Nutritional Science, tahun 2013.

Selain itu, konsumsi 2 buah kiwi memiliki jumlah serat yang setara dengan semangkuk cereal. Buah kiwi, dengan vitamin C yang tinggi, juga sangat baik untuk dikonsumsi oleh anak-anak dalam masa pertumbuhan untuk menghindarkan mereka dari penyakit serta mempercepat penyerapan zat besi. Jadi, mulai sekarang jangan lupa masukkan buah kiwi dalam menu makan pagi mereka.

selebriti kiwi

Di acara “Awali dengan Kiwi” tersebut juga diramaikan oleh kehadiran 3 selebriti, yaitu: Marcel Chandrawinata, bintang sinetron, Laura Basuki, aktris dan Mona Ratuliu, presenter. Mereka pun berbagi cerita tentang efek baik yang dirasakan sejak sarapan pagi dengan memakan buah.  “Bagi saya, sarapan itu sangat penting karena menjadi kunci untuk semua aktivitas. Setelah saya sarapan kiwi, kulit jadi lebih cerah dan mood juga lebih happy di pagi hari,”ujar Marcel berbagi testimoni tentang efek sarapan kiwi.

Lain lagi dengan pengalaman Laura Basuki. Sebagai aktris, tentu saja ia mesti menjaga stamina agar kondisi tubuh selalu fit di tengah-tengah jadwal shooting yang padat. “Kalau nggak makan pagi, tubuh jadi lemas. Saya merasakan betul manfaat baik dari makan buah dalam keadaan perut kosong. Karena menurut saya, pada saat itu adalah saat paling bagus bagi tubuh untuk menyerap vitamin dalam buah. Jadi, mitos makan buah di pagi hari bikin sakit perut, sama sekali tidak benar,” kata Laura yang tampak bertubuh langsing.

Mona Ratuliu, presenter dan juga seorang ibu bertutur, “Saya sedang mengganti kebiasaan sarapan. Dulu, saya biasanya sarapan dengan makan nasi goreng, nasi uduk. Sekarang, makan pagi dimulai dengan makan buah dulu. Saya juga membiasakan anak-anak makan buah di pagi hari. Ya, makan buah ini menjadi bagian dari diet saya, karena sejak melahirkan anak ke-2 harus menurunkan berat badan sebanyak 25 kg nih!,” urai Mona sambil tersenyum.

Seusai dari acara talkshow “Awali dengan Kiwi” ini, saya pun mencoba mengikuti saran pakar dan juga para selebriti yang hadir waktu itu, untuk mulai sarapan pagi dengan buah. Rutinitas saya di pagi hari adalah sebagai berikut, bangun pagi, minum secangkir kopi susu, kemudian bersiap ke kantor, lalu sarapan roti atau beberapa suap nasi dengan telur dadar. Beberapa hari saya mengganti sarapan roti atau nasi tersebut dengan makan buah. Awalnya, saya memulai dengan sarapan buah pepaya, pisang ataupun melon. Namun, sekitar pukul 11-an biasanya perut saya mulai keroncongan, minta diisi dengan makanan camilan. Gawat, kan? Padahal pukul 12 siang, saya akan makan siang. Wah, saya bisa  mengonsumsi kalori berlebih, nih! Ketika saya mengikuti saran pakar untuk sarapan dengan 2 buah kiwi, sungguh lho, tubuh jadi lebih segar dan di perut juga kenyang lebih lama. Rasanya yang asam, manis juga bisa menghilangkan eneg yang kadang muncul di pagi hari. Keinginan untuk ngemil sebelum makan siang, juga nggak muncul lagi. Ah…kalau begini, dengan menyantapi kiwi di pagi hari, saya pun bisa membantu menjaga berat badan agar tidak melambung naik. So, what is your breakfast? Maukah kamu mengganti sarapan sepiring nasi goreng atau nasi uduk dengan menyantap buah, khususnya kiwi di pagi hari? Kamu bisa share di sini  caramu menjalani hari-hari untuk jadi lebih sehat. Ditunggu ya…

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment