banner-detik

haircare

3 Masalah Utama Rambut Wanita Berhijab dan Solusinya

seo-img-article

Memakai hijab, membuat perempuan menutupi seputar area kepalanya dengan kerudung atau hijab hampir selama seharian. Maka, banyak di antara teman-teman kami yang berhijab mengalami masalah pada rambutnya. Apa sajakah itu? Bagaimana solusinya? Kami mencoba membantu memberi rekomendasi. 

To tell you the truth, awalnya saya masih menyangsikan dan kurang percaya bahwa banyak hijabers memiliki problem tertentu yang tidak dialaminya sebelum ia mengenakan hijab. ‘Masa sih? Perasaan rambut saya baik-baik saja dari dulu, tidak ada masalah walaupun tiap hari pakai hijab’, begitu biasanya tanggapan saya bila ada yang menanyakan masalah ini. Tetapi faktanya, sedemikian banyak pula hijabers yang mengaku bermasalah dengan rambutnya, yang sebelumnya tidak mereka alami. Saya pun mengadakan survei kecil-kecilan dan menanyakan kepada sekitar 20-an hijabers, dan jawaban mereka memang berbeda-beda.

Paling banyak yang mengaku mengalami masalah lumayan serius saat masa-masa awal mengenakan hijab, seperti rambut yang mendadak menipis, lepek, berminyak, gatal, dan masalah tipikal lainnya. Tetapi seiring waktu, rasanya rambut pun menyesuaikan diri dan masalah tersebut hilang, dengan perawatan rambut normal/sehari-hari. Sebagian kecil mengaku tidak ada masalah berarti, biasa saja. Malah ada yang menjawab rambutnya kini lebih bagus -lebih halus, lembut dan mudah diatur – daripada dulu sebelum mengenakan hijab. Sisanya, sebagian kecil pula, mengaku rambutnya bermasalah, terutama rambut lepek, lebih mudah bau dan lembap, rontok serta berketombe.

Well, ini memang tidak bisa digeneralisasi dan merepresentasikan sebuah kesimpulan, tetapi paling tidak saya mendapatkan gambaran. (Dan saya belum menemukan survei resmi/yang lebih komprehensif mengenai hal ini). Dari survei kecil-kecilan tersebut kita mengetahui bahwa banyak wanita mengalami masalah pada rambut, yang tidak ditemuinya saat mereka belum mengenakan hijab. Fakta tersebut membuktikan bahwa adanya hijab/jilbab yang menutupi kepala dan rambut dalam waktu lama memang menyebabkan adanya kondisi yang berubah baik pada rambut maupun kulit kepala. Bagaimana perubahannya, memang berbeda-beda pada setiap orang.

IMG_6247 (2)

Soal tips mengatasi permasalahan rambut untuk wanita berhijab? Rasanya kita sudah kenyang dengan beberapa tips standar perawatan rambut, seperti rutin keramas, jangan mengenakan jilbab saat rambut masih lembab/basah, memakai bahan kerudung yang menyerap keringat, tidak mengikat rambut terlalu kencang, and something like that. Hello, we already knew that.

Nah, buat kamu hijabers yang masih bermasalah dengan rambut, kalau saat ini kamu adalah newly hijabers atau baru beberapa bulan mengenakan kerudung, jangan terlalu khawatir karena mungkin rambutmu (hanya) belum menyesuaikan dengan lingkungan yang berubah. Plus, mungkin kamu juga menikmati bonus rambut yang menjadi lebih lembut dan halus, sehingga rasanya ingin terus membelai-belai rambut sendiri (ini salah satu benefit berhijab, karena rambut kita jadi terlindung dari sinar matahari secara langsung).

Tetapi bagi kamu yang masih mengalami 3 masalah tipikal rambut berhijab ini, mungkin tips dan produk-produk berikut bisa membantu.

Inilah 3 Masalah Rambut yang Kerap Dialami Hijabers, Klik di sini>>

Slow Down

Please wait a moment to post another comment