banner-detik

beautypedia

Skincare 101: Kenali 2 Jenis Toner yang Berfungsi Mencerahkan dan Melembapkan Kulit

seo-img-article

Mengapa membutuhkan dua toner?

Toner yang bagus baiknya meliputi empat fungsi di atas. Namun tidak semua toner bisa langsung memberikan ke empat manfaat yang disebutkan di atas oleh karena itu setidaknya kita memerlukan dua produk toner untuk memenuhi empat manfaat di atas. Biasanya dua toner tersebut adalah:

  1. Acid Toner: yaitu toner yang mengandung kandungan yang membantu eksfoliasi harian wajah dan mengandung kandungan seperti AHA, BHA atau PHA. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai eksfoliasi harian bisa dibaca di artikel ini.
  2. Hydrating Toner: adalah toner yang membantu mengembalikan kondisi kulit (pH) setelah menggunakan proses pembersihan dan menggunakan Acid Toner dan memberikan hidrasi pada kulit. Selain itu juga Hydrating Toner yang baik akan membantu penyerapan produk perawatan selanjutnya lebih mudah.

woman-applying-toner

Siapa yang membutuhkan double toning?

Siapa saja yang mulai merasakan kulitnya tidak seprima dulu lagi dan pelepasan sel kulit mati tidak sempurna lagi. Biasanya kulit terlihat lebih kusam. Begitu juga kulit yang mulai kehilangan elastisitas, berkerut dan juga tidak kenyal lagi.

Cara pemilihan Acid Toner dan Hydrating Toner

Dalam memilih Acid Toner, beberapa hal harus diperhatikan seperti misalnya kandungannya apakah terdapat AHA, BHA dan PHA. Atau kalau misalnya memilih acid yang natural, apakah benar memang efektif kandungan tersebut. Selain itu nilai pH dan konsentrasi dari acid juga harus diperhatikan. Untuk lengkapnya bisa dilihat  di artikel ini.

Sedangkan untuk Hydrating Toner pilihlah produk-produk yang mengandung kandungan yang melembapkan seperti Hyaluronic Acid atau Glycerin, serta hindari produk yang mengandung kandungan astringen ataupun alkohol denat. Karena inti dari produk tersebut adalah untuk memberikan kelembapan pada kulit.

Pertanyaan lain yang sering muncul adalah apakah harus memakai produk dari merek yang sama? Jawabannya adalah tidak yang penting pemilihan produk sudah benar. Memang, kalau membeli produk dari merek yang sama akan memudahkan kita dalam membeli suatu produk. Tapi sangat jarang pada toner atau pemakaian dua toner berbeda terjadi ketidakcocokan produk.

Bagaimana cara memakainya?

Setelah kita membersihkan wajah dan mengeringkannya, kita bisa langsung menggunakan Acid Toner. Biasanya Acid Toner diaplikasikan dengan kapas karena kita ingin membantu mengangkat sel kulit mati. Aplikasikan kapas dengan gerakan menyeret ringan ke seluruh area wajah. Biarkan Acid Toner menyerap dan kering, sekitar 5 – 10 menit, tergantung produk baru kita melanjutkannya dengan produk berikutnya. Acid Toner ini adalah produk yang sensitif dengan pH, oleh karena itu kita harus menunggunya menyerap terlebih dahulu baru melanjutkan dengan produk berikutnya.

Setelahnya itu, kita bisa mengaplikasikan Hydrating Toner. Untuk Hydrating Toner sendiri bentuknya dan pemakaiannya beda-beda tergantung produk dan merek. Ada yang cukup di semprot, diratakan pakai tangan dan juga dengan memakai kapas. Yang terpenting adalah produk diratakan ke seluruh wajah.

Mudah-mudahan poin-poin di atas cukup menjawab semua pertanyaan kalian mengenai double toning. Kalau masih ada yang kurang jelas, mungkin bisa memberikan ide tulisan untuk saya selanjutnya?

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment