banner-detik

eye treatment

Hati-Hati Terkecoh Membeli Lensa Kontak Ilegal di Pasaran!

seo-img-article

lensa kontak 3

Terkait dengan hal ini, Female Daily pun mengontak Optik Seis, salah satu optik ternama di negeri kita yang terbukti sudah puluhan tahun menjual produk-produk kaca mata maupu  lensa kontak berkualitas. Akhirnya, setelah menunggu beberapa saat, Bapak William Surya, Direktur Optik Seis pun menjawab pertanyaan-pertanyan FD lewat e-mail. Berikut ini hasil tanya jawab kami:

  1. Mengapa barang-barang yang dirazia itu disebut lensa kontak ilegal? Apa saja sih, syarat yang harus diperhatikan oleh konsumen sebelum membeli contact lens atau soft lens, untuk mengetahui, mana produk yang legal dan mana yang ilegal?

* Lensa kontak ilegal adalah lensa kontak yang tidak memiliki izin edar resmi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (KeMenKes RI).

* Lensa kontak legal/resmi/berizin adalah lensa kontak yang terdaftar resmi di KeMenKes RI sebagai alat kesehatan yang disetujui untuk dipakai dan dipasarkan di Indonesia.

* Di setiap kemasan lensa kontak berizin tercantum nomor registrasi yang dikeluarkan oleh KeMenKes RI dan nomor registrasi ini dapat dicek langsung ke KeMenKes RI untuk pembuktiannya.

  1. Apa bahayanya memakai lensa kontak ilegal? Apa saja sih trik yang biasa dilakukan oleh pedagang dalam menjual contact lens atau soft lens? Misal harga murah? Paket promosi atau adakah trik lain?

* Lensa kontak legal/resmi/berizin telah melalui tahapan pendaftaran dan pemeriksaan produk serta senantiasa dimonitor oleh KeMenKes RI.

* Lensa kontak ilegal tidak melalui tahapan tersebut di atas, sehingga jaminan mutu, keamanan, sterilitas, stabilitas dan efikasi produk tidak bisa dipastikan.

  1. Optik Seis tentu hanya menjual produk-produk lensa kontak yang sudah bersertifikat. Bisakah di-share kepada pembaca kami, nama-nama brand contact lens atau soft lens yang di-manage oleh Optik Seis?

* Optik Seis sudah berpengalaman selama puluhan tahun di produk-produk oftalmik termasuk lensa kontak.

* Optik Seis hanya menjual produk-produk softlens yang bersertifikasi international dan terdaftar di Kementerian Kesehatan di berbagai negara seperti US-FDA, EMEA CE Mark di Eropa, TGA Australia dan berbagai negara di dunia termasuk Indonesia yang terdaftar di KeMenkes RI.

* Brand-brand yang dijual di Optik Seis adalah brand-brand besar seperti Acuvue, Alcon, Softvue dan Freshkon.

  1. Mengapa sebaiknya kita membeli lensa kontak di optik? Sudah sejak kapan Optik Seis menjual lensa kontak?

* Lensa kontak termasuk alat kesehatan dan memiliki nilai estetika, karena itu perlu keahlian seorang tenaga ahli mata profesional untuk membantu Anda memilih dan memakai lensa kontak yang aman dan tepat untuk memastikan kesehatan mata Anda tetap terjaga dengan baik dan mata terlihat cantik alami.

* Di tiap cabang Optik Seis, tersedia tenaga ahli /optician dengan surat tanda registrasi / izin optician yang resmi, dan tenaga ahli / optician tersebut memiliki kemampuan untuk periksa mata serta menentukan LK yang sesuai bagi pasiennya.

* Optik Seis menjadi pusat contact lens pertama di Indonesia di tahun 1964 dan telah menjual produk-produk dari produsen contact lens besar di dunia yang terpercaya sejak itu.

  1. Do’s & Don’ts yang harus dilakukan seorang konsumen sebelum dan selama memakai lensa kontak atau soft lens?

* Hanya memakai lensa kontak resmi berizin KeMenKes RI yang diarahkan oleh ahli mata profesional Anda dan senantiasa mengikuti petunjuk pemakaian yang ada di kemasan atau sesuai petunjuk dan arahan ahli mata profesional Anda.

* Tidak memakai lensa kontak dan produk pemeliharaan lensa kontak yang kedaluwarsa atau tidak layak pakai.

* Selalu cuci dan bilas tangan sebelum menangani lensa. Paling baik memakai lensa kontak sebelum makeup dan lepaskan lensa kontak sebelum membersihkan sisa makeup.

* Yang paling baik dan higienis adalah menggunakan lensa kontak dengan masa pakai sesingkat mungkin (harian).

* Teratur memeriksakan kesehatan mata Anda minimal 6 bulan sekali.

Bagaimana dengan kamu, FDers? Apakah punya pengalaman dalam membeli dan memakai contact lens / soft lens ilegal? Dimana kamu biasa membelinya? Share your comment on the column below…

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment