banner-detik

fitnfab

Berbuka Puasa Sebaiknya dengan Makanan Ringan atau Langsung Makan Nasi?

seo-img-article

sop-buah

  • Buah merupakan menu berbuka yang tepat dan aman untuk lambung. Rasa manis yang alami serta kandungan air yang cukup, bisa mengembalikan energi tubuhmu sehabis berpuasa. Sebaiknya, pilihlah buah seperti melon, semangka, kurma, pisang, atau apel. Jangan makan buah yang memiliki konsentrasi tinggi seperti duren, nangka dan sebagainya.
  • Hindari makanan yang mengandung banyak gas seperti kol, sawi, atau minuman bersoda. Karena dapat memicu naiknya asam lambung atau maag. Dan juga hindari makan pedas.
  • Perbanyak sayuran yang tentu baik untuk kesehatan tubuh. Sayuran mengandung banyak serat yang bisa membuat perut terasa kenyang lebih lama. Serat dapat memperlambat pengosongan lambung, sehingga sangat baik untuk pencernaan.
  • Tajil yang ringan dan manis seperti kolak pisang, biji salak, es blewah, es kelapa muda, sop buah dan lain-lain cukup meyegarkan dan aman untuk perutmu.
  • Perbanyak minum air putih ya! Tubuh memerlukan air putih untuk mengembalikan kesegarannya setelah kurang lebih 13 jam berpuasa. Selain itu, minum air putih yang cukup bisa menghindarkan kamu dari dehidrasi.

Setelah berbuka dengan yang ringan, sebaiknya beri jeda sekitar 15-20 menit sebelum kamu melanjutkan makan malam. Agar makanan ringan yang baru saja kamu santap bisa terserap dengan baik didalam tubuh. Dan sebaiknya biasakan untuk menjalankan pola makan seperti “Berhentilah sebelum kenyang.” Karena jika terlalu kenyang dapat membuat tubuh terasa tidak nyaman dan memperlambat proses kerja dalam tubuh kamu. Selain itu juga tubuh akan mudah lemas dan mengantuk jika perut sudah terlalu penuh.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment