Memahami Idealisme Calon Desainer Muda di ESMOD Graduation Show 2015

Melihat gelaran karya para calon desainer muda di Graduation Show ESMOD 2015 ternyata membuat saya terhibur dengan ide-ide “nakal” atau unik. Inilah karya calon penerus seniman fashion di negeri kita.

IMG_1447 (2)

Dimana-mana, kalau mau melihat sebuah karya desain yang fashion-forward, lihatlah karya para desainer lulusan sekolah mode. Ini juga yang membuat saya tidak pernah bosan datang ke sebuah show kelulusan siswa, terutama dari sekolah mode ternama. Faktor kebaruan, otentik, unik dan segar selalu ada dalam karya-karya mereka, yang membuat kita sejenak terlupakan akan faktor keterpakaian -wearability- hasil rancangan mereka.

Secara tampilan, karya mereka selalu punya unsur-unsur “kekayaan” sebuah karya mode – dalam hal ini busana-, seperti material unggulan/premium, tekstur, konstruksi, pattern, dan of course, desain. Ini juga yang membuat karya mereka termasuk dalam kategori haute couture, walaupun beberapa mungkin lebih tepat masuk ke kategori kostum.

Tetapi inilah momen perayaan idealisme seorang -calon- desainer. Sebuah tugas akhir bagi siswa sekolah mode bagaikan milestone yang akan terus dikenang, dan melekat kepadanya. It defines them. Karya ini merupakan buah dari kreativitas murni, dengan tetap harus memikirkan daya pakainya. Koleksi mereka akan selalu berjiwa muda, tidak konvensional karena sesuai dengan usia mereka yang dalam tahap mencari dan menemukan identitas.

IMG_1435 (2)IMG_1454 (2)  IMG_1473 (2) IMG_1474 (2)

Semua inspirasi tersebut saya rangkum setelah menyaksikan graduation show ESMOD Jakarta kelas 2015 yang diselenggarakan dalam sebuah rangkaian event bertajuk ESMOD Fashion Festival 2015. Ini adalah bagian dari tradisi ESMOD yang kali ini adalah festival ke 19, sebagai salah satu sekolah mode tertua dan terbaik di Indonesia.

Lihat di sini beberapa karya unik para lulusan ESMOD 2015