Today’s Outfit: Loving Yourself Unconditionally

Banyak di antara kita sering terserang “penyakit” nggak pede alias kurang percaya diri. Bagaimana cara mengatasi rasa yang kurang nyaman ini. Saya bagi di sini resepnya!

Baru-baru ini, saya diundang menjadi pembicara di sebuah acara dan diminta untuk memberikan presentasi tentang kepercayaan diri. Ketika menerima undangan tersebut, saya langsung tahu akan membicarakan apa: the concept of self love!

Mencintai diri sendiri adalah satu hal yang mungkin semua orang kenal, tapi tidak semua sukses menjalankannya. Padahal mencintai diri sendiri adalah hal terbaik yang bisa kita lakukan untuk mengatasi berbagai masalah kehidupan, seperti rasa tidak percaya diri, hubungan dengan orang lain yang bermasalah, bahkan kesehatan. Nggak pede itu merembetnya bisa ke mana-mana loh, setuju nggak?

But how do you actually love yourself? Jawabannya bisa panjang banget dan setiap orang punya cara yang berbeda-beda. Kalau saya, mulai dari satu hal yang simpel: by being kind to yourself. Saat kita lagi merasa oke, sukses, dicintai, dikagumi – pastinya mudah merasa sayang sama diri sendiri. Tapi kalau kita lagi “terpuruk”, ¬†mungkin habis kehilangan pekerjaan atau diputusin pacar :D atau sesederhana rasa nggak puas sama penampilan, di situ rasa cinta kita pada diri sendiri akan diuji. That’s the moment where you have to ask yourself: do I love myself¬†unconditionally?

Saat ini saya lagi diuji. Setelah sukses menurunkan berat badan sampai 20 kg dan mempertahankannya selama bertahun-tahun, mulai awal tahun ini berat badan saya perlahan merangkak naik. Alasannya standar, berhenti olahraga dan mulai cuek sama pola makan. Awalnya saya gemas dan kesal sama diri sendiri. Tiap berdandan di depan kaca, saya merasa semua baju saya keliatan kurang enak dipakainya. Akhirnya saya jadi uring-uringan dan sering bad mood dan kalau sudah bad mood, apa yang saya cari sebagai pelipur lara? Ya, makanan! Setelah puas mengenyangkan diri, rasa nyaman yang tadinya saya dapatkan dari makanan yang mostly tidak sehat itu pelan-pelan terganti dengan penyesalan, kekecewaan dan self loathing. Are you seeing the cycle? Only self love can break that.

Jadi sekarang saya mulai menghilangkan komentar-komentar pedas yang biasanya saya lontarkan ke diri sendiri dalam hati. Tiap bercermin, saya usahakan untuk fokus ke bagian tubuh atau wajah yang saya suka. Saya lebih banyak tersenyum dan melakukan hal-hal yang mengisi otak dan jiwa daripada terus-terusan fokus ke penampilan. I write myself love note everyday. Dan seperti magic, ekspresi cinta saya ke diri sendiri membawa saya untuk mengubah kebiasaan makan dan mengambil lagi yoga mat saya yang sudah berdebu di pojokan kamar , tanpa terpaksa. I simply do it because I love myself and I want to make the right choices for me, the ones that¬†make me feel great physically and emotionally. That’s what you do to someone you love, right?

I feel a lot more comfortable with the way I currently look too. Doesn’t matter if I’m a few kilograms heavier at the moment, I feel good and I think I still look damn good. Of course it helps by wearing this wrap dress from Wallis that is so flattering and hugs me in the right places :D

photo (3)

 

Thank God there are brands like Wallis that love curvy women like us, right?

Anyway, how about you? Do you have any tips on loving yourself unconditionally?