Produk Kecantikan yang Diperlukan untuk Membuat Natural Makeup Look

Masih ingat saat pertama kali jatuh cinta dengan produk kecantikan? Kalau saya, yang pertama kali membuat tertarik dengan makeup adalah eyeliner. Saat baru kenal eyeliner, pasti deh, makeup look yang disuka nggak jauh-jauh fokusnya dari area mata. Mulai dengan coba-coba membuat winged eyeliner, sampai atas bawah garis bulu mata saya tebalkan dengan eyeliner. Lalu, dari eyeliner saya merambah ke eyeshadow. Kalau melihat riasan mata selebriti Hollywood, yang paling menonjol buat saya adalah riasan mata smokey eyes, pemakaian bronzer dan highlighter yang membuat kulit mereka terlihat glowy, dan warna lipstick yang dipakai.

Beberapa tahun yang lalu, saya pun kerap kali mencoba makeup look seperti itu. Namun seiring dengan bertambahnya umur, sekarang saya lebih suka makeup look yang terlihat natural. Entah itu untuk sehari-hari ke kantor, saat pergi bersama teman, atau untuk acara yang lebih formal. Korean Beauty yang masih mendominasi Asia pun turut memiliki andil, karena kalau lihat drama Korea, artis-artis pemeran utamanya terlihat seperti dirias senatural dan seminimalis mungkin. Kulit yang tampak segar seperti memiliki kilau alami. Nggak heran kalau tren natural makeup look ini pun makin digandrungin oleh banyak perempuan! 

Nah, buat saya, ada 6 produk wajib yang nggak boleh absen kalau ingin wajah terlihat natural dengan makeup:

1. CC cream – CC cream dengan tekstur yang ringan seperti Olay Total Effects Pore Minimizing CC Cream jadi pilihan utama saya untuk sehari-hari. Menurut saya, ini adalah hal penting untuk mendapatkan natural makeup look karena kita butuh base yang ringan dan tidak terlihat tebal seperti memakai beberapa layer produk. CC cream ini mudah dibaurkan, membantu wajah terlihat lebih cerah, dan dengan tekstur yang ringan membantu mengurangi kemungkinan menyumbat pori-pori kulit wajah. Kulit pun terbantu terasa lembut dan wajah tidak terlihat patchy atau cakey.

CC Cream

2. Translucent powder – Kalau punya kulit kombinasi dengan T-zone yang sudah pasti akan lebih berminyak dibandingkan area lainnya, penting untuk “mengunci” CC cream yang sudah dipakai dengan bedak. Saya suka translucent powder yang bekerja sebagai setting powder karena partikelnya sangat halus, tidak berwarna, dan bisa bekerja baik untuk mengontrol minyak yang muncul. Kulit yang glowy dan dewy berbeda dengan kulit yang banjir minyak. Jadi, kalau memang dibutuhkan, nggak apa-apa kok untuk pakai bedak. Biasanya saya menggunakan bedak ini di dahi dan hidung, lalu sapukan tipis-tipis dengan powder brush di area wajah lainnya.

Translucent Powder

3. Pensil eyeliner dan mascara – Kalau melihat beberapa inspirasi natural makeup look yang ada, saya tergerak untuk mulai membuat riasan mata lebih lembut dan “seadanya” saja. Dengan pensil eyeliner, saya hanya mendefinisikan mata dengan menebalkan garis di bulu mata atas, sehingga mata terlihat lebih terdefinisi namun tidak berlebihan. Sesudahnya, tinggal jepit bulu mata dan tambah mascara favorit agar bulu mata jadi lentik.

eyeliner & mascara

4. Highlighter dan blush – Dua produk ini bagi saya optional, tapi kalau merasa butuh glow lebih dan ingin agar ada rona warna cantik di wajah, saya biasa menggunakan concealer yang memiliki efek brightening secukupnya pada tulang pipi atas dan menambahkan blush tipis-tipis yang warnanya sesuai dengan skin tone saya.

5. Bright LipstickThis is the fun part. Agar tetap terlihat natural dan nggak terlalu heboh, lipstick dengan warna terang bisa diaplikasikan tipis-tipis, di-blot, atau digunakan dengan teknik gradasi. Saya suka sekali memakai warna lipstick yang terang karena wajah jadi tampak lebih segar!

IMG_5897

Semua produk makeup itu akan optimal hasilnya kalau kita punya kulit yang terawat. Cara yang paling mudah dan bisa mulai dilakukan adalah membersihkan muka sehari dua kali dan pakai krim pelembap agar kelembapan kulit tetap terjaga.