Unlimited Journey, Kolaborasi Denny Wirawan dan Zantob

Setiap kali bersentuhan dengan fabrics dalam desain interior – saat memilih gorden, atau melihat-lihat desain wallpaper, saya selalu terkagum-kagum dengan keindahan materi dan corak motif maupun warnanya. Sungguh memanjakan naluri kita atas estetika yang tinggi. Sayapun selalu membayangkan sebuah busana yang tercipta dari kain-kain cantik dan elegan ini. Hmm, kira-kira seperti gaun princess Giselle yang dibuat dari tirai rumah dalam film Disney Enchanted. ;)

Tetapi sebenarnya inspirasi dari furnishing fabrics & wall coverings yang dibuat menjadi fashion item bukanlah hal yang baru bagi desainer kenamaan dunia, contohnya Prada dan Dolce & Gabbana yang membuat rancangan dari luxury fabric untuk furnishing. Hence, fashion and interior design is something very closely related, and continuously inspiring each other.

Di Indonesia, kolaborasi antara fashion designer dan rumah produksi bahan interior juga baru saja terjadi, dalam koleksi Unlimited Journey by Denny Wirawan yang menggunakan bahan-bahan interior dari Zantob. Zantob sendiri adalah exclusive distributor berbagai koleksi fabrics & wall coverings berkualitas ultra prima dari merek-merek ternama seperti Arte, Hooked on Walls, Romo, dan Giardini.

denny1

denny2

Denny Wirawan pun mengaku terpesona saat pertama melihat koleksi Zantob. Bahannya yang kaya motif, warna, tekstur, dan ketebalan yang menjadi ciri luxury fabric, seolah menawarkan kemungkinan baru untuk ‘sekadar’ menjadi kain sofa, gorden, dan bahan interior lainnya. Unlimited Journey, menjadi notation dari Denny bahwa bahan-bahan indah dan mewah yang biasanya menghiasi rumah ini bisa pula menjadi sebuah busana siap pakai yang menawan.

Saya benar-benar penasaran akan seperti apa hasil rancangan tersebut, dan membayangkan sebuah busana megah layaknya haute couture yang berat, dan digunakan hanya pada momen sangat spesial. Ternyata, hasilnya jauh berbeda! Saya menemukan rupa-rupa cocktail dress dan dress semi formal yang sungguh manis, dengan garis desain yang ringkas tetapi benar-benar mengundang kekaguman karena corak motif, tekstur dan, ketebalan bahan yang justru ditonjolkan. Saya dan pengunjung lain yang melihat pun terpesona, ternyata bahan-bahan dengan karakter semacam itu bisa sangat gaya digunakan sebagai coat, atau simple dress.

denny3

denny4

Ternyata ini juga buah kecermatan Denny, seorang desainer yang luar biasa menurut Suzanna Tobingfounder Zantob – yang memadumadankan motif geometris, sehingga kain-kain yang kebanyakan dari Italia tersebut beberapa tampak seperti motif tenun Indonesia dan menghasilkan rancangan yang mempunyai sentuhan Indonesia.

Standing applause for Denny Wirawan dan Zantob untuk koleksi Unlimited Journey ini. Saya berharap kolaborasi seperti ini masih akan dilakukan di kemudian hari dengan koleksi yang lebih accessible untuk penikmat fashion. Truly inspiring!