Recommended: The Body Shop Camomile Sumptuous Cleansing Butter

Belakangan ini saya sedang keranjingan membaca blog Caroline Hirons – sampai khatam, malah. Nah, karena Caroline sempat memuji Cleansing Balm keluaran Clinique yang saya juga favorit saya, maka ketika ia juga memberikan ulasan positif kepada The Body Shop Camomile Sumptuous Clansing Butter, saya langsung membelinya.

CYMERA_20140816_145314

Sempat kaget juga saat melihat ukurannya yang hanya 90 ml ketimbang Clinique yang berukuran 125 ml dan terlihat dua kali lebih besar. Tapi dari segi harga, sebenarnya dengan Rp. 139.000,-, it’s not bad at all!

First things first; I love the camomile scent of this cleanser. So much so that I use it for morning and afternoon cleanse. Wanginya lembut dan tidak begitu menyengat dan sangat menenangkan. Walaupun produk ini bernama cleansing butter, tapi jangan mengharapkan tekstur laiknya body butter yang juga produk The Body Shop lainnya. Teksturnya sangat mirip dengan cleansing balm, yaitu balsam minyak yang dibekukan dan akan meleleh jika terkena hangatnya kulit. 

Bagaimana dengan kemampuannya membersihkan makeup? Lihat saja sendiri di foto di bawah ini.

CYMERA_20140816_145233

Biasanya saya mengambil setengah sampai satu ruas jari kelingking produk – no double dipping or else it will be a mess – dan meratakannya ke seluruh wajah. Saya akan meratakannya dengan sedikit memijat dengan gerakan memutar dan melakukannya lebih lama pada area mata supaya makeup waterproof saya lumer. Hasilnya? Produk ini sangat mudah diratakan di wajah, dan begitu come into contact with makeup, maka makeup saya akan lumer. Sesudahnya, akan membutuhkan beberapa kali bilasan air pada wajah agar benar-benar bersih. Walaupun tidak meninggalkan filmsy feeling di wajah, tapi Clinique Cleansing Balm terasa jauh lebih mudah dibasuh dengan air. Produk ini mampu membersihkan makeup yang waterproof sekalipun. Walaupun di area-area tertentu harus dibersihkan dengan waslap kalau memang makeup yang kita gunakan tebal agar pembersihannya lebih maksimal.

Selain wanginya, yang menyenangkan lagi dari pembersih ini adalah tidak membuat kulit saya kering. Kandungannya pun akan disukai mereka yang picky karena bebas dari mineral oil dan paraben.

Here are the complete list of ingredients:

Ethylhexyl Palmitate (Skin Conditioning Agent), Synthetic Wax (Binder/Emollient), PEG-20 Glyceryl Triisostearate (Skin Conditioning Agent), Olea Europaea Fruit Oil/Olea Europaea (Olive) Fruit Oil (Emollient), Butyrospermum Parkii Butter/Butyrospermum Parkii (Shea) Butter (Skin Conditioning Agent – Emollient), Caprylyl Glycol (Skin Conditioning Agent), Tocopherol (Antioxidant), Parfum/Fragrance (Fragrance), Aqua/Water (Solvent/Diluent), Linalool (Fragrance Ingredient), Limonene (Fragrance Ingredient), Helianthus Annuus Seed Oil/Helianthus Annuus (Sunflower) Seed Oil (Emollient), Anthemis Nobilis Flower Extract (Natural Additive), Citric Acid (pH Adjuster).

Dari lini yang sama, juga ada cleansing oil dan makeup remover;  yang terakhir merupakan jenis yang biasa dan berguna untuk menghilangkan waterproof makeup. Next time, I’ll review the cleansing oil.