Beautypedia: Bifida Ferment Lysate & Anti-Aging

Estee LauderPernah mendengar kandungan bernama bifida ferment lysate? Kalau belum, coba, deh, Google kandungan dari Estee Lauder Advanced Night Repair, serum terkenal yang selalu mengedepankan kandungan Bifida Ferment Lysate dalam marketing program-nya.  Memangnya apa, sih, fungsinya? Nah, jadi penasaran, ‘kan?

Kalau ditelusuri, sebenarnya bifida ferment lysate ini adalah bakteri baik yang biasanya ditemukan di sistem pencernaan dan berfungsi untuk melindungi pencernaan kita dari berbagai bakteri jahat dan serangan eksternal lainnya. Kok saya jadi terdengar seperti iklan Yakult, ya? Karena begitu mendengar penjelasan tentang prebiotik ini, saya memang langsung ingat iklan Yakult dan pertempuran antara bakteri baik dan jahat di sistem pencernaan, jadi saya langsung mengerti bagaimana fungsi prebiotik ini.

Apa kaitan antara kandungan yang biasa ditemukan di sistem pencernaan kita dengan skincare? Ternyata, kandungan ini memang banyak sekali ditemukan di berbagai skincare, apalagi untuk perawatan anti-aging. Beberapa produk kenamaan yang menggunakan kandungan ini selain Estee Lauder adalah Lancome Genifique Youth Activator, L’Oreal Youth Code Pre Essence dan Missha Time Revolution Night Repair Science Activator Ampoule.

Bagaimana cara kerjanya pada kulit? Bifida ferment lysate dinilai efektif meningkatkan sistem imunitas. Dengan kuatnya sistem imunitas kita, diharapkan kulit kita lebih kuat melawan stress dan agresor eksternal lainnya serta memberikan nutrisi yang diperlukan.

Pada studi klinis yang dilakukan oleh L’Oreal Group, ditemukan bahwa sukarelawan yang menggunakan krim dengan kandungan bifida ferment lysate mengalami kemajuan terhadap kulit mereka yang sensitif. Fungsi kulit sebagai benteng pertahanan terhadap agresi eksternal baik fisik dan kimia bertambah.

Namun, ada beberapa kontroversi yang menyatakan bahwa probiotik ini tidak akan bekerja efektif bila terkena udara luar. But from where I see it, produk-produk yang mengandung bifida ferment lysate adalah memang produk yang telah banyak menerima ulasan positif di mana hasil kulit lebih cerah, tekstur membaik dan nampak lebih muda tercapai.

Bagaimana, apakah ada yang sudah menggunakan produk anti-aging dengan kandungan bifida ferment lysate? Saya tunggu sharing kisah suksesnya di sini. :)