Beautypedia: Kenali Kandungan Pencerah Kulit dalam Skincare Kalian Part 2

Kalau sebelumnya saya sudah pernah menulis tentang kandungan pencerah kulit dalam skincare yang patut dihindari, kali ini saya ingin membahas beberapa kandungan yang sering ditemui pada beberapa produk pencerah dan aman digunakan. Seperti yang saya katakan sebelumnya, memang ada beberapa kandungan yang dinilai tidak aman dan berisiko dan baiknya dihindari. Kandungan yang saya sebutkan di bawah ini memang sering ditemukan, tapi mungkin masih ada beberarapa hal yang menuai kontroversi. Namun, kembali lagi ke pengguna, semakin banyak mendapatkan informasi, maka sebagai konsumen kita bisa mengambil keputusan yang bijak dalam menilai produk apa yang cocok dan dapat kita konsumsi. Perlu kita ketahui, walaupun suatu kandungan dinilai aman namun memiliki efek negatif pada kulit seseorang, bukan berarti kandungan tersebut berbahaya. Kemungkinan kondisi kulit si pengguna tidak cocok dengan kandungan tersebut. Oleh karena itu, tidak bosan-bosan saya tekankan untuk ‘belajar’ mengenai kandungan suatu produk yang akan kalian gunakan.

Apa saja, sih, kandungan tersebut? Simak, yuk, di halaman berikutnya.

 

1. Arbutin

hadalabo_gokujyunKandungan satu ini sering sekali ditemukan pada produk pencerah wajah dari Jepang. Arbutin memang pertama kali dikembangkan oleh Shiseido dan digunakan pertama kali dalam produk Whitess Essence yang lansung melejit penjualannya. Di Jepang sendiri, produk dengan Arbutin menjamur – mulai dari yang dijual di drugstore dengan harga terjangkau, sampai dengan yang mahal sekali juga ada. Contohnya, produk Hada Labo Gokujyun yang sekarang sudah diproduksi secara lokal pun menggunakan kandungan Arbutin.

Tapi apa sebenarnya Arbutin itu? Kalau mau sedikit ilmiah sedikit, sih, Arbutin itu sebenarnya adalah glikosilasi Hydroquinone yang diekstraksi dari buah Bearberry. Studi klinis menunjukan bahwa ekstrak tersebut bisa menghalangi pertumbuhan tyrosinase sehingga mencegah pembentukan melanin yang menyebabkan bintik hitam di wajah. Sebagai turunan dari Hydroquinone, Arbutin dinilai banyak produsen produk kecantikan lebih aman digunakan bebas.

Dalam perkembangannya, pada tahun 2002, Ezaki Glico Co., Ltd menemukan jenis baru Arbutin yang disebut sebagai a-Arbutin (Alpha Arbutin) dengan kemampuan lebih superior dan efektif dalam menghambat perkembangan tyrosinase. I wonder whether it’s the same Glico as the snacks :D

Untuk mereka yang berkulit kering pun, Arbutin terasa lebih nyaman digunakan ketimbang kebanyakan kandungan pencerah lainnya yang terasa lebih kering. Walaupun turunan dari Hydroquinone, kebanyakan produk dengan kandungan Arbutin yang pernah saya coba tidak terasa kering di wajah.

2. Niacinamide

SnowwhiteSebenarnya Niacinamide sudah dibahas secara mendetil di artikel ini. Kandungan tersebut memang memiliki beberapa fungsi yaitu memperbaiki tekstur, menghilangkan kemerahan pada wajah, mengatasi kerutan, membantu pertahanan kulit dan, yang terakhir, dapat mencerahkan wajah! Nah, inilah yang ingin kita bicarakan.

Bagaimana cara kerja niacinamide? Dengan memperlambat kerja melanosomes yaitu ‘kendaraan’ dan penyimpanan melanin – yang aslinya adalah bahasa Yunani dan berarti hitam, sudah kebayang ‘kan apa sebenarnya melanin ini? Melanin adalah pigmen yang dengan mudahnya menyerap cahaya, artinya, kalau terus-menerus terpapar ‘cahaya’ atau dalam hal ini adalah sinar UV, maka melanin akan dengan mudah muncul ke permukaan dan menghitam. Niacinamide sendiri juga ‘menyabotase’ komunikasi antara keratinocytes (lapisan paling luar kulit) dengan melanocytes, sehingga pigmen hitam tidak muncul ke permukaan kulit. Akan tetapi, yang membuat kandungan ini menjadi favorit banyak orang adalah karena ia tidak menghambat aktivitas tyrosinase dan juga perkembangbiakan sel.

Tidak seperti kebanyakan kandungan pencerah lainnya, Niacinamide dinilai paling bebas efek samping dan hasilnya pun bisa terlihat dalam kurang dari 4 minggu. Selain itu, pencampuran dengan beberapa kandungan lainnnya yang mendukung kerja Niacinamide akan membantu cara kerjanya lebih efektif. Selain itu, ternyata Niacinamide ini juga bagus buat yang memiliki kulit berjerawat.