Skincare 101: Perlukah Memakai Pelembap Berbeda Untuk Pagi & Malam Hari?

Beberapa orang pernah menanyakan kepada saya: perlu tidak sih saya memakai day cream dan night cream berbeda? So I thought it would be a great topic to write. Karena saya yakin, beberapa dari kalian mungkin memiliki pertanyaan serupa. Jawaban saya: ya dan tidak.

Saya mulai dulu dengan mengapa saya menjawab tidak. Sebenarnya, tidak ada salahnya memakai satu pelembap yang sama untuk pagi dan malam. Apabila memang ingin memakai satu produk saja, maka pilihlah day cream untuk dipakai sepanjang hari. Alasannya kenapa? Karena biasanya, day cream memiliki lebih sedikit active ingredients dan kandungannya tidak sekompleks night cream. Tekstur pun tidak sepekat night cream.

Biasanya day cream juga mengandung sunscreen, yang kemudian menimbulkan pertanyaan apakah aman memakainya pada malam hari? Tidak apa-apa memakai produk dengan sunscreen pada malam hari karena tidak menimbulkan reaksi negatif, hanya saja kandungan tambahan ini akan under-utilized. Dari beberapa produk yang saya tahu malah day cream dan night cream memiliki kandungan yang mirip dan yang membedakan hanya pada day cream terkandung sunscreen agar dapat memberikan perlindungan terhadap sinar UVA dan UVB. Kalau memang Anda tipe yang tidak mau terlalu ribet dengan menggunakan terlalu banyak produk, cukup gunakan day cream untuk pagi dan malam.

Day Cream & Night Cream

Tapi kalau Anda, seperti saya tidak keberatan memakai lebih banyak produk perawatan wajah, maka saya anjurkan untuk memakai produk pelembap berbeda untuk pagi dan malam hari. Mengapa?

1. Pilih pelembap dengan antioksidan untuk pagi hari

Walaupun pada pagi hari yang kita butuhkan hanyalah tambahan sunscreen untuk melindungi kita dari UVA dan UVB, akan tetapi kandungan antioksidan dapat membantu menetralkan radikal bebas yang berbahaya untuk kulit. Kita banyak berada di luar rumah pada saat pagi hingga sore hari, oleh karena itu penting untuk memilih produk pelembap yang mengandung antioksidan untuk menjaga keremajaan kulit.

2. Pakai pelembap yang lebih rich pada malam hari

Bukan hal yang aneh lagi kalau kebanyakan orang tidur dengan AC menyala di malam hari. Bayangkan kita menghabiskan waktu sekitar kurang lebih 10 jam di ruangan ber-AC. Sedangkan pada malam hari saat kita beristirahat, kulit kita bekerja maksimal memperbaiki kondisinya. Oleh karena itu kita memerlukan nutrisi lebih pada malam hari ketimbang yang dibutuhkan kulit di pagi hari. Selain itu, dengan memastikan kulit terjaga kelembapannya pada saat kita tidur, kita akan bangun dengan kulit yang sehat bercahaya.

3. Beberapa kandungan terurai oleh sinar matahari

Ingin memilih perawatan wajah yang memiliki kandungan tambahan untuk mengatasi masalah kulit? Coba cek apakah kandungan tersebut efektif dipakai di pagi hari. Kandungan retinoid contohnya, bekerja paling efektif pada saat malam hari karena kandungan tersebut akan melemah dan terurai karena sinar matahari, sehingga efikasinya dipertanyakan.

 

Sudah tidak bingung lagi kan apakah perlu satu atau dua pelembap? Semuanya terserah pada diri kita sendiri, seberapa banyak waktu yang ingin kita investasikan untuk kulit kita.