14 Beauty Resolutions in 2014!

Awal tahun identik dengan segudang rencana, target, resolusi, or whatever you name it.  Tahun ini pertama kalinya membuat resolusi yang berkaitan dengan beauty.  Ternyata setelah dibuat, makin mantap untuk menjalaninya karena memang masuk akal, nggak berlebihan (menurut saya), dan juga nggak susah dan saya yakin akan memberi manfaat untuk saya di kemudian harinya.  And probably you will find the ones that you want to put in your resolution list in this post.

1. Less makeup, more skincare

Saya sebenarnya tipe yang lebih into makeup dibandingkan skincare.  Simpel aja sih alasannya, nggak sabaran :D  Karena kalau nyoba produk skincare kan setidaknya harus dites beberapa hari, bahkan beberapa minggu untuk tahu ampuh atau nggaknya untuk kebutuhan kulit.  Kalau makeup, langsung pakai dari pagi sampai malam, udah ketahuan kan bagus nggaknya. Bahkan kalau langsung nyoba makeup di counter udah bisa tahu lah first impression-nya seperti apa. Tapi karena kondisi kulit yang masih nggak kunjung baik juga dan jerawat masih betah di muka, saya memutuskan harus mulai peduli lebih lagi dengan perawatan wajah, karena memang berasa juga, sebagus apa pun produk makeup yang saya pakai, kalau “kanvas” nya nggak mulus ya gimana mau enak dilihat.  Jadi resolusi paling utama di tahun 2014 ini adalah lebih peduli dengan kesehatan kulit wajah dan investasi untuk produk-produk skincare (yang biasanya lebih mahal dari makeup T_T) dan kurangi porsi membeli makeup.  It’s haaard, but I have to do it.

2. Find a HG eyecream


Usia saya belum sampai 30 tapi mulai kelihatan ada kerutan halus di sekitar mata dan kantung mata yang makin jelas kalau saya kurang tidur.  Nightmare! Jadi sebelum makin parah, saya harus mencari eyecream yang bisa bantu melembapkan kulit di sekitar mata dan mengurangi kantung mata itu.  Mungkin mau coba Sulwhasoo Timetreatment Renovating Eye Cream yang jadi HG eyecream Affi dan Nopai, atau All About Eyes-nya Clinique, yang pasti sebelum beli mau studi lapangan ke ke thread-thread yang ada forum Female Daily dulu.

3. Exfoliate lips regularly

Saya punya bibir kering tapi agak malas kalau harus exfoliate.  Jadi terkadang kalau pakai lipstik yang matte atau semi-matte bisa jelas banget ada kulit yang mau mengelupas di bibir.  Tahun ini, bertekad untuk rutin exfoliate bibir, seenggaknya sebelum pakai lipstik yang warnanya bold, supaya makin bagus hasil akhirnya. Cara exfoliate yang paling gampang untuk bibir: taruh petroleum jelly di bibir dan sikat bibir menggunakan sikat gigi dengan circular motion.  Atau bisa juga dengan mencampur gula dan sedikit olive oil, taruh di bibir dan gosok dengan washcloth, lalu bersihkan dengan air hangat.

4. Invest in a good curling iron and learn how to use it


Selalu suka lihat perempuan yang punya fake naturally wavy hair. Rambutnya bergelombang, bagus, chic, nggak berlebihan, dan yang terpenting: nggak terlihat seperti tante-tante yang lagi mau ke pesta pernikahan. Tahun 2014 ini mau membeli curling iron yang kualitasnya cukup bagus dan belajar sendiri cara pakainya.  Jadi kalau ada acara super spesial dan nggak keburu pergi ke salon udah tenang karena bisa menata rambut sendiri.

5. Dare to wear eyeshadows other than browns

Punya beberapa eyeshadow palette, tapi ujung-ujungnya warna yang sering dipakai cuma coklat.  Siapa yang punya pengalaman serupa dengan saya? :D  Saatnya beranikan diri untuk pakai warna lain selain coklat, bisa mulai dengan abu-abu, gold, pink, yang tetap terlihat neutral setelah di-blend.

6. Give away beauty products

Jadi Beauty Editor saya otomatis sering dapat produk kecantikan, dan nggak semuanya saya pakai dengan rutin.  Bisa aja hanya coba pakai sekali dua kali, tapi lupa dipakai atau nggak cocok dengan skintone atau kondisi kulit saya.  Daripada keburu expired, lebih baik dikasih ke orang lain yang kira-kira cocok dengan produk itu.

7. Buy only 3 lipsticks in a year *finger crossed!!!*

Masih berhubungan dengan resolusi nomor 1, tahun 2014 ini target beli lipstik hanya tiga dalam setahun karena jumlah lipstik di rumah udah ada puluhan dan memang ini saatnya untuk injak rem.  Tapi Januari ini udah nitip dua lipstik ke Deszell karena barengan sama liburannya ke Eropa.  *gulp* Semoga bisa!  Mungkin saya harus pura-pura nggak lihat postingan Lipstick Monday-nya Pablohoney mulai saat ini :p

8. Put lotion right after bath

Terkadang saya lupa pakai body lotion dan akibatnya, beberapa jam sesudahnya  jadi nggak nyaman karena kulit terasa kering.  Atau sebelum mau pulas tidur jadi terbangun lagi.  Di kantor udah disiasati dengan menaruh body lotion di meja, jadi kalau lupa masih bisa mendadak pakai body lotion sesampai kantor.  Tapi memang paling enak kalau langsung memakai body lotion sesudah mandi karena kulit masih fresh dan bersih.

9. New haircolor

Kalau tahun 2013 potong rambut drastis biar nggak bosan, tahun ini sambil manjangin rambut mau ganti suasana dari warna hitam ke brunette dan mungkin akan diberi highlight.

10. Take care of eyebrows

Alis saya cukup tebal, jadi kadang saya cuek dengan alis karena ya nggak perlu pensil alis atau eyebrow powder lagi untuk menggambar alis.  Tapi saking tebalnya, kalau nggak di-wax, pluck, atau trim, jadi berantakan juga.  Dan emang agak repot sih ya kalau alis terlalu subur juga masa pertumbuhannya, baru juga ke salon untuk ngerapihin, minggu depannya udah tumbuh lagi.  Jadi yang mau saya lakukan di tahun 2014 ini adalah sebulan sekali merapikan alis di Benefit Brow Bar, dan cek alis beberapa hari sesudahnya.  Kalau cuma perlu pluck sedikit sih dikerjakan sendiri pasti bisa.

11. No makeup day

Senin sampai Jumat selalu pakai makeup ke kantor, dan mau mendedikasikan setidaknya satu hari di akhir pekan untuk nggak pakai makeup sama sekali supaya kulit wajah bisa istirahat.

12. Less products in daily makeup pouch

Kalau ke kantor saya terkadang agak berlebihan menaruh produk makeup ke dalam makeup pouch.  Contohnya, makeup pouch saya diisi lima lipstik dengan warna yang berbeda.  Padahal, kan, ya nggak perlu sebanyak itu juga.  Masa iya satu hari mau ganti warna bibir sampai lima kali? Hahaha.  Jadi mau ganti ke makeup pouch yang lebih kecil, dan isinya pun mau dikurangin supaya nggak makan banyak tempat di tas.

13 Wash makeup brushes and sponges weekly


Malas mencuci makeup brush dan sponge makeup mungkin jadi salah satu penyebab kulit wajah saya nggak membaik ya.  Ya gimana mau mendingan kalau makeup tools-nya juga kurang bersih *cough* Tahun ini harus mulai rajin cuci peralatan makeup, maunya sih tiga hari sekali, tapi daripada menelan ludah sendiri, saya jalan dengan seminggu sekali dulu ;)

14. Get organized

Mau lebih teratur dan rapi lagi dalam menyimpan produk kecantikan di rumah.  Ingin beli makeup organizer tambahan atau wadah akrilik untuk menaruh semua produk yang saya punya supaya nggak berserakan gitu aja.

Nah, kira-kira itu sih yang jadi beauty resolutions saya di tahun ini.  Kelihatannya banyak, tapi sebenernya bisa dan nggak sulit untuk dilakukan.  How about you?