Fashionpedia: Bag Glossary

Beberapa artikel yang menjadi “buku” panduan saya di saat saya baru tertarik membeli barang-barang fashion adalah glossary yang dibuat oleh Hanzky.  Berguna sekali bagi saya yang saat itu masih buta dengan fashion. Ada shoe glossary, skirt glossary, dan sleeve glossary. Kalau baru saja tertarik dengan fashion, pasti akan sangat merasa terbantu dengan glossary itu.

Kali ini saya mencoba membuat bag glossary, dan saya pikir akan lebih menarik kalau ada beberapa tas yang bisa kita beli dengan mudah dari Indonesia.  Saya juga sudah menyertakan link di bawah foto.  Yah, tentunya sambil mencari foto tas yang saya mau, saya juga jadi ingin beli ini itu.  Membuat artikel memang membahayakan terkadang …. *close tab, close tab, close tab*. :D

Backpack – Tas yang  memiliki dua tali yang bisa ditopang oleh kedua pundak.  Identik sebagai tas yang biasa dipakai murid-murid sekolah, namun sekarang banyak backpack dengan bentuk dan motif yang beragam.


Dilarosa Tribal Backpack

Bowling Bag - Tas ini sebenarnya dibuat untuk membawa bola bowling, namun sekarang justru digunakan sebagai fashion item dan ukuran dan bentuknya pun diadaptasi sehingga memiliki kesan yang trendi.

Clutch Bag - Bentuknya kecil dibandingkan tipe-tipe tas yang lain.  Identik sebagai tas pesta. Dibawa dengan digenggam di tangan, namun sekarang pun sudah banyak clutch bag yang memiliki rantai.

 


Zora Cleopard

Crossbody Bag – Tas yang ukurannya relatif kecil sampai sedang, memiliki tali atau rantai yang panjang dan bisa diselempangkan.

MICHAEL Michael Kors Jet Set Crossbody Bag

Cosmetic Bag – Tas untuk menyimpan produk-produk kosmetik dengan ukuran, bentuk, dan gaya yang bervariasi.


Kate Spade Le Pavillion Large Natalie

Doctor’s Bag – Tas ini memiliki ruang yang besar dan bisa menampung banyak barang, namun dari luar terlihat memiliki besar yang wajar.  Biasa dipakai oleh dokter di tahun 1800-an untuk menyimpang peralatan dan perlengkapan kedokteran dan semakin bertambahnya waktu, tas ini semakin mendapatkan sentuhan fashion. Gambar di bawah ini adalah doctor’s bag Longchamp Légende milik Dhany, dan silakan klik link ini untuk tahu berapa banyak barang yang bisa ditampung di dalamnya. :)


Duffel Bag – Ukurannya besar dan biasanya di sisinya berbentuk lingkaran. Biasa dipakai sebagai gym bag dan travel bag.  Ada yang memiliki tali panjang yang bisa diselempangkan, dan ada juga yang memiliki tali pendek dan dibawa seperti handbag.


Jansport Inner Beast Duffle Bag

Envelope Bag - Berbentuk seperti amplop, tipis, persegi panjang.


Banago Manila

Fold-over Clutch – Clutch yang bisa dilipat


Scissor Paper Rocks Leather Clutch

 

Hobo Bag - Ukurannya sedang sampai besar dan bagian atasnya kebanyakan terlihat seperti bulan sabit.  Tas ini memiliki satu tali yang cukup panjang sehingga bisa digantungkan di atas pundak.  Umumnya terbuat dari material yang lemas dan tidak kaku.


Kate Spade Primrose Hill Veronica Hobo

 

Laptop Bag


Hellolulu 13″ Nylon Laptop Case

 

Messenger Bag - Tas ini memiliki tali panjang sehingga bisa diselempangkan di pundak agar badan tasnya berada di belakang tubuh. Dulu digunakan untuk mengantar surat dan di era sekarang tipe tas ini sudah semakin modern dengan berbagai macam gaya masa kini.


Mayonette Stacey Messenger

 

Minaudiere - Tas kecil untuk acara malam yang biasanya dihiasi oleh batu-batu indah, atau terbuat dari material metal, kulit, nylon.  Digenggam seperti clutch, dan ada juga yang memiliki tali.  Minaudiere lebih terkesan glamour dan elegan.


Rafe New York Maryanne

 

Pouch/Bucket Bag - Bentuk tas ini seperti kantung koin jaman dulu. Bagian atas tas biasanya terbuka dan tidak memiliki risleting atau kancing namu menggunakan tali serut.


Baggu Drawstring Purse

Satchel Bag – Tas yang lebar dan terstruktur, memiliki dua handle (salah satunya tali yang panjang).  Biasanya memiliki berbagai macam ukuran.  Beberapa modelnya mirip seperti messenger bag namun satchel bag memiliki lebih banyak variasi dan modifikasi, bahkan tas yang memiliki struktur pun terkadang digolongkan sebagai satchel bag.


Neatly Nicky

 

Sling Bag –  Sekilas, mirip dengan tas-tas lain yang memiliki tali panjang lainnya.  Namun yang membedakan adalah, sling bag tidak memiliki handle pendek dan hanya memiliki satu tali panjang yang bisa diselempangkan di salah satu pundak, dan ukurannya pun bisa bermacam-macam, entah kecil, sedang, atau besar.

Tas Elizabeth

 

Tote Bag – Memiliki dua tali dan ritsleting.  Tas ini masih menjadi salah satu pilihan favorit bagi para wanita yang bekerja karena ukurannya yang sedang sampai besar bisa menampung barang-barang dalam ukuran yang lumayan besar atau dalam jumlah yang cukup banyak.


Bags Hearted Sharon Totebag

 

Wristlet - Hampir mirip seperti clutch namun memiliki tali pendek seperti gelang.


Polka Lime Studded