Cara Lain Mengonsumsi Sayuran: Green Smoothie & Green Juice

Seperti yang saya tulis di artikel pertama, awalnya saya jarang sekali mencampur sayuran ke dalam jus karena saya memang suka makan sayur. Tapi ternyata tidak hanya Nadya Hutagalung yang menginspirasi saya, Sophie Navita juga! Dengan hashtag #indonesiamakan sayur dan #kumisijo, Sophie yang juga chef raw food mengajak orang Indonesia untuk rajin makan sayur dan buah.

Lagi-lagi IG menginspirasi saya untuk mencoba green smoothie dan green juice. Melalui hashtag tersebut, saya mencoba untuk menambahkan sayur ke dalam jus. Ada perdebatan bahwa sayur tidak boleh dicampur dengan buah. Namun saya tidak mau membahas mengenai hal itu karena menurut saya green smoothie dan green juice adalah salah satu cara untuk menambah asupan sayur dan buah ke dalam tubuh saya. Toh saya juga masih makan sayur dalam bentuk utuh. As long as I don’t have any problems consuming them,  why not? Terutama buat yang tidak suka makan sayur, green smoothie dan green juice ini membantu sekali, lho.

Green Smoothie – Green Juice

Perbedaan mendasar dari green smoothie dan green juice adalah peralatan yang digunakan. As simple as that! Blender untuk membuat green smoothie, juicer untuk membuat green juice. Green smoothie mengandung ampas dari sayur dan buah sementara green juice hanya mengambil sarinya saja. Menurut Sophie, untuk permulaan komposisinya adalah 60 % buah dan 40 % sayur. Namun sebaiknya ditingkatkan menjadi 50 – 50 supaya kadar gula dari buah tidak terlalu tinggi.

Sayur yang bisa digunakan adalah pak choy/bok choy, kailan, sawi, bayam, daun mint dan lain-lain selama itu sayur daun hijau. Sementara sayur daun umbi seperti wortel, brokoli, sebaiknya tidak digunakan karena buah akan memfermentasi zat pati yang terkandung dalam sayur tersebut dan dapat menyebabkan perut kembung. Namun saya masih bandel karena kadang suka mencampur wortel dengan apel :D

Meminum green smoothie dan green juice juga ada aturannya, yaitu diminum pada saat perut masih kosong (pagi hari) dan ketika minum green smoothie jangan langsung ditelan tapi dikunyah pelan terlebih dahulu supaya enzim air liur ikut membantu green smoothie dicerna oleh tubuh.

Jadi, tertarik untuk ikutan ber #kumisijo? ;) To join this movement you can always check Sophie’s Twitter or IG : @sophienavita, dan tutorialnya bisa dicek di kanal youtube: Indonesia Makan Sayur

 

sumber: http://sophienavita.com/news.php?id=22