JFW 2013; Alleira Membawa Batik Untuk Kalangan Muda

Sekarang batik sudah lepas dari image “tua”.  Kita semua bisa melihat banyak sekali ragam busana berbahan batik yang diolah agar lebih modern dan bisa dipakai oleh semua usia – dari bayi, anak kecil, pelajar, profesional muda, sampai orang yang lebih tua. Saya sendiri sering sekali melihat orang memakai batik di pesta pernikahan, entah itu wanita atau pria, sepertinya sudah menjadi tren dan juga aman untuk memakai batik di acara-acara seperti itu.  Untuk pekerja kantor, sebagian besar justru mewajibkan karyawannya untuk menggunakan batik setiap Jumat.  Rasanya batik semakin lama semakin diminati oleh orang banyak.  Jujur saja, saya pun jadi semakin tertarik dengan batik.  “Bisa dipakai untuk hang out dengan teman-teman, nggak, sih?”  Kalau untuk pesta dan kerja, kan, kesannya resmi sekali.  Tapi untuk melihat orang seusia saya yang memang memakai batik untuk hang out dengan teman-teman atau sekadar nongkrong di mal atau cafe, rasanya masih sedikit.  Yah, ada juga, sih.  Tapi itu pun batik untuk pakaian kerja, alias pulang kantor mampir ke mal. :D

Di Jakarta Fashion Week 2013, saya menemukan apa yang saya cari.  Alleira bekerja sama dengan Amanda Putri Rahardjo, biasa disapa dengan Manda, membawa koleksi baru menggunakan Batik Alleira yang memang ditujukan untuk kalangan muda usia 20 – 30 tahun.  Jika Anda tertarik, semua koleksi “Alleira by Manda Rahardjo” dapat Anda temui di Butik Alleira Pondok Indah Mall 2 dan Plaza Indonesia, mudah saja mencarinya.

Yang saya suka dari koleksi ini, sangat terlihat kalau Batik bisa digunakan dengan lebih santai.  Lepas dari potongan kaku yang mengesankan formal.  You know what I mean, right? Ada beberapa busana yang saya anggap sangat cocok dipakai kaum muda yang ingin tampil beda dengan batik.  Flirty, chic, yet casual.

 

Ada juga yang saya suka dan saya anggap cocok dipakai untuk kerja.  Sederhana dan ada juga yang bisa dipadupadankan dengan blazer favorit kita masing-masing.  Sekali-kali memakai batik yang trendi di kantor, seru juga, kan? :)

 

Batik in red?  FIRE!  If you want to stand out of the crowd, these are perfect! Rasanya waktu menonton show ini, mata saya sulit lepas dari busana-busana yang diperagakan oleh para model.  Anda bisa lihat, kan, bagaimana mencoloknya batik yang diberi sentuhan oleh warna merah ini?  Belum lagi wedges bermotif batik yang dipakai model pun menunjang penampilan secara keseluruhan.  LOVE!

 

Pilihan warna dengan dasar yang gelap memang paling cocok digunakan untuk busana malam.  Sexy and fabulous,  indeed. Manda Rahardjo memberi sentuhan seksi untuk Batik yang belum banyak ditemui.  Belum lagi, ada nuansa kupu-kupu yang tersimpan di koleksi busana ini, sangat unik dan berbeda dari yang lain.

It feels good knowing Batik is wearable for every occasion, especially for younger age.  :)  Which one is your favourite?