JFW 10/11: Karya 3 Desainer JFW 2010/2011 Untuk First Lady

Kedatangan Presiden AS, Barack Obama dan first lady AS, Michelle Obama ke Indonesia pada minggu ini ternyata tak hanya diisi dengan agenda seputar politik. Tiga desainer yang karyanya tampil di runway Jakarta Fashion Week (JFW) 10/11 boleh berbangga hati karena rancangan khusus mereka sempat dipamerkan langsung di depan Michelle Obama saat berkunjung ke Istana Merdeka pada 9 November lalu. Mereka adalah Sebastian Gunawan, Priyo Oktaviano dan Auguste Soesastro.

“Suatu kebanggaan dan penghargaan tersendiri bagi saya untuk merancang busana untuk dilihat oleh first lady AS, sekaligus bisa berjumpa dan berjabat tangan dengan beliau,” ujar Sebastian yang turut berpartisipasi dalam JFW 10/11 dalam acara “BNI presents Cita Tenun Indonesia” pada Senin, 8 November lalu. Atas permintaan istimewa dari pihak istana ini, Sebastian khusus merancang dua buah busana, yakni coat ¾ dari bahan batik berwarna biru muda dan kuning kunyit, serta dress dari bahan brokat serta batik off white krem coral.

Senada dengan Sebastian, Auguste Soesastro juga menyatakan kebanggannya terpilih sebagai salah satu  desainer yang dipercaya pihak istana untuk ikut berkarya. “Rasanya bangga sekali saat Michelle Obama mengucapkan terima kasih,” jelas desainer muda yang berbasis di New York ini. Rancangan Auguste adalah hasil kolaborasinya dengan Rumah Pesona Kain, berupa jaket dan scarf yang terbuat dari tenun songket sutera Sumatra Barat berwarna merah oranye dan magenta. Jaket ini dikenakan dengan celana silk berwarna hitam. Uniknya, motif jaket didesain khusus sehingga semua kain bisa dipergunakan menjadi jaket dan tak bersisa. Pola jaket ini menggunakan teknik busana couture yang sering dipraktekkan di tahun 60an. Jangan lewatkan koleksi Auguste Soesastro yang bertemakan “Kromo” dalam JFW 10/11, pada Jumat, 12 November 2010.

Sementara itu, desainer Priyo Oktaviano mengeksplorasi wastra nusantara yang berasal dari pulau dewata. Bekerjasama dengan Cita Tenun Indonesia dan Garuda Indonesia, Priyo menggunakan bahan songket dan endek yang dihasilkan dari desa Sidemen, Bali, menjadi sebuah dress songket tanpa lengan berwarna ungu dan long coat songket berwarna fuschia dan ungu. “Saya perhatikan, Michelle Obama tampaknya menyukai warna cerah dan eksotis, dan dia benar-benar menyimak penjelasan setiap desainer dan seniman nusantara yang ikut berpameran,” tutur Priyo, yang mengaku sangat senang dan bangga ikut berpartisipasi. Saksikan koleksi Priyo Oktaviano yang terpilih sebagai salah satu desainer yang tampil dalam Dewi Fashion Knight pada Jumat, 12 November 2010.