Forum Member in the Spotlight: Redwine the Makeup Artist

Redwine or Arty Ardiwinata has been a member of Female Daily since February 2008. She’s not only a true beauty addict but she’s really chasing her passion in this field by becoming a makeup artist under a company that she built with her friend called Adeline the Makeup Artist Team.

Sejak kapan kenal FD dan gimana dulu ceritanya ‘menemukan’ FD?

Menemukan FD secara ngga sengaja. Saat itu pertengahan  tahun 2007, saya search untuk sebuah review product, eh… ternyata masuk ke obrolan  forum FD yang seru banget. Ngga terasa baca berlembar lembar halaman, sampai akhirnya tergoda untuk nimbrung dan register deh menjadi member. Setelah menjadi member rasanya punya satu dunia tambahan :)

Apa yang bikin tertarik sama FD?

Yang bikin tertarik sama FD adalah forumnya, obrolannya seru, bermanfaat, membuka mata menambah wawasan, malah sering juga keracunan, maksudnya tergoda membeli sesuatu karena baca review di forum tersebut maupun barang jualan di MP. Selain itu, I like Fashionese Daily blog, artikelnya up to date banget, keren-keren… salut buat para crewnya.

Apakah dari dulu suka makeup dan kepingin jadi makeup artist? Gimana ceritanya sampai akhirnya menggeluti dunia ini?

Nggak pernah punya cita-cita menjadi MUA, bahkan ngga tau kalo di dunia ini ada profesi MUA, saking nggak pernah perhatiin bidang ini. Mengenal makeup pertama kali untuk diri sendiri saat bergabung dengan sebuah airline sebagai pramugari, itupun yang standard standard saja. Kemudian, tahun 2000 saat saya bekerja di sebuah perusahaan photography sebagai manager, setiap hari ngurusin proses pemotretan mulai dari fitting baju, makeup, hairdo, penataan gaya dll. Saat itulah cinta bersemi…biasanya saat stress dengan target penjualan setiap minggu, nongkrong di studio adalah hal yang sering dilakukan untuk mengurangi tekanan pekerjaan. Tak menyia-nyiakan kesempatan, saya selalu hadir dalam setiap ‘in-house traning’ yang diberikan perusahaan tersebut dengan mendatangkan makeup artist professional khusus dari Taiwan, yang kala itu masih sangat langka. Setelah yakin akan profesi MUA adalah pilihan yang tepat, maka saya pun memutuskan untuk meninggalkan profesi orang kantoran.

Agar lebih percaya diri, saya mengambil kursus makeup di sebuah lembaga pendidikan di Kuala Lumpur dan short course di Singapore. Setelah itu saya sempat bekerja di Kuala Lumpur sebagai MUA di suatu perusahaan kecantikan yang menjual franchise. Tugas saya adalah mengajar dan mengenalkan product baru untuk para franchisee. Pengalaman mengajarpun dimulai dari sini. Sempat pula bekerjasama dengan sebuah  agensi untuk  memberikan makeup lesson  kepada para calon pramugarai Qatar Airways di KL.

Sekarang selain menyediakan course makeup, menyediakan service apa lagi?

Saat ini, memberikan kursus makeup adalah kegiatan yang terus dilakukan disela-sela waktu kosong dari jadwal padat pekerjaan sebagai MUA, disibukan dengan panggilan makeup pengantin, makeup untuk pemotretan, makeup untuk pesta dll. Dibantu oleh beberapa orang sebagai team yang didirikan bersama seorang teman saya, kami memakai sebuah nama ‘Adeline the Makeup Artist Team’, berkantor di STC Senayan-Jakarta.

Ada nggak kliennya yg anak FD? :D

Setelah bergabung menjadi member FD, peranan FD juga saya rasakan sangat besar. Beberapa kali mengadakan kelas makeup khusus untuk member FD. Respon cukup baik, dan ternyata lebih mudah mengajarkan para FDer dibandingkan murid bukan FDer, karena biasanya FDer sudah familiar dengan ‘makeup’. Selain kursus makeup, klien untuk makeup pengantin dan makeup prewedding photo pun beberapa berasal dari FD. Uniknya, beberapa ex-klien yang sudah lama sekali, dipertemukan lagi secara tidak sengaja lewat FD. Biasanya saya akan tau setelah mereka posting photo atau memberikan  nama dan alamat saat bertransaksti di MP… wah..seru dan menyenangkan sekali.

Menurut kamu, kalo ada yg mau jadi makeup artist, mendingan sekolah dulu apa belajar sendiri aja?

Untuk menjadi MUA menurut saya ada 3 hal yang wajib dipunyai yaitu:

1. Passion

2. Belajar (sekolah) pada tempat/orang yang tepat.

3. Pengembangan kreativitas lewat pengalaman atau jam terbang

Jadi sekolah makeup sangatlah perlu, meskipun tidak pada urutan pertama.

Arty’s working station

Kalo untuk kamu sendiri, seneng makeup yang kayak apa?

Buat diri sendiri saya suka makeup natural tapi berkesan mahal..hahahah….nah loh… gimana tuh?

Kan kamu suka ngelukis juga, itu hobby aja apa mau diseriusin juga?

Saya suka melukis. Melukis adalah pencurahan jiwa, kepekaan, keindahan, ketenangan, konsentrasi dan kepuasan. Melukis juga sebagai penyeimbangan hidup yang setiap hari disibukan dengan jadwal padat dan kemacetan Jakarta.

Angan-angan saya di masa tua nanti, saya ingin disibukan dengan melukis di gallery idaman milik sendiri sambil ditemenin anjing kesayangan ..hmmmm so sweet… Saat ini melukis masih sebatas hobby, satu hari dalam seminggu menyempatkan belajar melukis yang benar, dibimbing oleh seorang guru lukis.

Any tips for aspiring makeup artists out there?

Tips for aspiring MUA out there: Makeup is an art, maka ngga usah kaku dengan ajaran-ajaran yang didapat dari manapun. Jadikan semua ilmu yang di dapat adalah suatu hal yang dapat memperkarya skill kamu, selanjutnya kamu sebaiknya kembangkan dan kreasikan menurut taste kamu, maka karya yang dihasilkan adalah ‘Your Style

  • hanna

    Mba arty rumahnya dimana sih?? Tertarik juga nyobain.. Heheh..

  • http://kirana21.multiply.com kirana

    lukisannya bagus banget!

  • Opi

    Wow, you’re so talented. :)

  • http://fleurbeautyshop.posterous.com PetiteFille

    Go Mba Arty!!!! :D

  • http://www.artywonderworld.com redwine

    hahahahah thanks alot FD, thanks alot hanna, kirana, opi,petitefille….

    Hanna, gw tinggal Jaksel. silakan datang ke stc senayan…heheheh

  • yan

    high recommend banget untuk yg mau pake jasa MKU nya mbak arty. aku waktu prewed and wedding pake jasanya mbak arty, selain hasil make up nya ok orangnya juga gak itungan. pokoknya puas banget dehhhhhhhhhh

  • lalubi

    wah Arty berbakat bgt. Paduan MUA & melukis bener2 sesuatu yg mahl tuh.. gw bukan ke 2 nya,tp gw seneng bgt klo ada yg bisa ngelukis dan bs ngelukis wajah jg.. arrggghhhhh seneng deh liat bakatnya. Lukisannya bagussssss……

  • puti

    redwine…..tambah canggih aja..gutlak ya…

  • lena

    keren arty! i’m really happy to read about someone having a chance to work in something that they’re passionate about, it’s a nice feeling ya. we’re the lucky ones :D

  • ketupatkartini

    waaa mbak Arty, baru tau jg ternyata selain bisa melukis wajah, jago banget juga melukis di kanvas!!
    u’re truly an artist!!

  • http://www.mymealcatering.com tjiamik

    hai mba Arty, recommended banget deh les MU di mba Arty (hayoo mba masih inget ga sama aku yang punya katering) haha…soalnya aku pernah les MU sama salah satu MUA , wahhh orangnya bete banget. sama mba Arty nih OKE banget deh, rangnya baek and aku dapet ilmunya, at least sekarang dah lancar pake liquid eyeliner. 2 thumbs up ya mba Arty, juga buat lukisannya…salut

  • myluna

    4 jempol buat mba arty.. dulu pernah kursus sama mba arty, recommended deh.. ;)

  • http://www.artywonderworld.com redwine

    Yan, lalubi, puti, lena, kekar, tjiamik, my luna… makasih komennya.. jadi terharu

    lagi nebak nebak, yan itu siapa nama aslinya..bisikin dong…

    tjiamik… katering sehat yang buat diet itu bukan? kalo iya… waaahhhh miss u…

    • yan

      hehehe………aku yunita mbak, yg married di lampung.thanks ya udah bikin aku looks soooooooo beautiful pas hari-H.thanks ya udah bantuin bagi2 nasi box juga pas di gerejanya :-p (yg ini compliment dari mbak arty)

  • http://fashionesedaily.com vanya

    iyaaa lukisannya bagus bagus banget..
    lo capek ga, Ty denger gw ngomongin lukisanlo melulu? :D

    Btw FD jadi udah pindah kantor, ada banyak ruangan untuk lukisan baru lho *wink* :p

  • http://www.artywonderworld.com redwine

    Vanya… hhahahahah makasih jeng.. btw gw lagi mempersiapkan satu lukisan khusus buat FD, judulnya ‘dream with attitude’ hahaahah ditunggu aja ya…muach muach…

    • Affi

      Ahhh serius ni ty? Can’t wait!! Thank you yaaaa *cup cup*

  • lil’monkey

    Mba Arty, lucky you…..you are so talented :) Pernah lihat juga hasil karya lukisanmu di blog…. kereeen mbak!

  • http://www.artywonderworld.com redwine

    affi, heeheheh iya betul… kasi tau gw aja ruangannya konsepnya apa? klasik?minimalis? retro? heheh mau sesuaikan dengan framenya…

    lil monkey… aih miss u muchhhh thanks ya Mer…. yuk main main ke STC lagi….

  • PinK_VatrA

    Wahhh, Mbak Arty!! Ini MUA favorit gue nih! Sempet pakai jasa Mbak Arty waktu engagement dan wedding gue 2 taon lalu. Dan ga nyesel sama sekali!

    Good luck yah Mbak! Sukses selalu untuk karirnya. :D

  • elly

    Aku juga ikut kelas professional makeup artist sama mbak arty a year ago and now i am doing my own freelance makeup business. bnyk bgt tips and trick dari mbak Arty yg berguna bgt deh.. Highly recommended :)

  • estherjoe

    Mbak Arty.., aku newbie niih.Pengeen banget belajar MU sama orang yang tepat, kayak dirimyu.Gimana cara kontak dirimu lebih detilnya say.kasih tahu akyu yah..!.Thaanks.

  • http://www.artywonderworld.com redwine

    Pink_vatra…. apa kabar Grace? gimana ur lovely babynya? thanks n GBU ya…

    Elly… dirimu yang di ostrali kan? wah…semoga makin maju ya Elly.

    estherjoe.. met kenal ya. bisa ke webku utk detil lengkapnya ya http://www.artywonderworld.com thanks a lot :)

    • estherjoe

      thank you yaa Mbak Arty…,segera meluncur kesanaah..*wink2

  • Pingback: Arty’s another world | artywonderworld.com

  • Pingback: Fashionese Daily